Custom Bike Menjadi Pilihan Selain Motor Klasik

Custom Bike Menjadi Pilihan Selain Motor Klasik
Foto: Pinterest

LAKEYBANGET.COM – Pada tahun 1946 sebuah transportasi baru yang inovatif diciptakan dan menghebohkan beberapa media massa pada saat itu. Trasnportasi tersebut bernama Vespa.

Vespa menjadi sangat populer pada masa itu dan hingga sekarang tahun 2019 Vespa masih menjadi primadona bagi beberapa kalangan baik vespa tahun lama maupun baru.

Kecintaan kepada Vespa didukung oleh banyaknya orang yang menggemari benda-benda antik dan tua, dan sebagian kalangan juga menyukai trasnportasi tua yang salah satunya adalah Vespa.

Namun selain Vespa masih banyak lagi trasportasi atau kendaran tua yang menjadi favorit bagi sebagian kalangan, diantaranya adalah VW, Harley, Royal Enfield, Triumph, Honda dll. Alih-alih kendaraan tersebut diciptakan untuk menjadi alat transportasi, pada kenyataan hari ini kendaraan tersebut malah menjadi tren dan gaya hidup penggunanya.

Salah satu daya tarik dari motor antik adalah desainnya yang unik dan anti mainstream dengan desain motor jaman sekarang, namun karena harga motor antik itu sangat tinggi ditambah biaya pemeliharaan yang lebih mahal dan rumit dibandingkan motor baru, custom bike menjadi pilihan beberapa kalangan.

Custom bike biasanya dilakukan dengan cara membeli motor bekas dengan mesin yang masih sehat, lalu merombak bagian body motor tersebut menyerupai motor antik.

Ada beberapa jenis desain motor yang populer dipakai untuk desain motor custom, siantaranya adalah :

Cafe Racer

 

Cafe racer adalah salah satu gaya modifikasi yang tren di Inggris tahun 1950an, pada saat itu para pemuda di London, Inggris sering mengadakan balapan antara cafe menuju cafe lainnya. Berawal dari sana desain cafe racer menjadi referensi untuk customisasi motor mereka.

Cafe racer terkenal dengan singel jok serta bagian belakang jok melengkung keatas seperti pantat tawon, pada bagian depan menggunakan stang jepit dan tangki besar sehingga terlihat gagah seperti motor balap.

Scrambler

Scrambler lahir pada tahun 1920an  dengan gaya khas yaitu terlihat dari ban yang digunakan adalah ban offroad dengan model kotak seperti tahu.

Motor ini digunakan sebagai salah satu pilihan modifikasi yang banyak diminati karena selain model yang gagah seperti motor trail, motor ini juga sangat nyaman digunakan dijalanan aspal maupun trak tanah.

Jap Style

Seperti namanya Jap Style adalah aliran yang terlahir di Jepang pada tahun 1980an dan mulai kembali eksis setelah tren motor custom lahir.

Ciri khas dari motor Jap Style adalah menggunakan stang hangger, dan jok tipis, serta ukuran ban yang besar sehingga akan sangat nyaman bila digunakan. Motor ini juga dipercantik dengan desain tangki kecil yang simpel.

Bobber

Style Bobber lahir pada tahun 1940 dan 1950an, dibawa oleh para veteran perang yang tertarik dengan motor Eropa, sehingga para veteran tersebut berusaha mengubah motor mereka seperti motor Eropa.

Bobber memiliki ciri khas yaitu jok-nya yang seperti jok sepeda, karena memang dasar awal modifikasi motor Bobber ini adalah membuat motor seringan mungkin sehingga banyak sekali yang harus dirombak bahkan dipotong seprti bagian rangka, spakbor, spion dll.

Chopper

Chopper terlahir setelah era Bobber, pada tahun yang sama dengan lahirnya style Bobber dengan membuang beberapa parts sehingga lebih menghemat berat motor.

Chopper mempunya ciri khas pada kaki depan yang panjang dengan body yang lebih ramping dibandingkan Bobber, membuat motor ini sangat nyaman untuk dikendarai sehari-hari.

Pengguna motor chopper sangat banyak sampai menggaet salah satu Presiden Indonesia Joko Widodo, beliau mempunyai Chopper hasil modifikasi.

Motor modifikasi menjadi salah satu pilihan bagi pencinta motor klasik yang ingin membuat motor mereka lebih terlihat klasik dan menarik. Bukan hanya itu motor modifikasi juga menjadi sebuah gaya hidup baru bagi para pecintanya.

Bagaimana menurut kalian ? apakah kalian tertarik membeli motor klasik atau memodofikasi motor kalian?