Dokumenter tentang Tetangga

LAKEYBANGET.COM – Bagaimana jika antar tetangga saling curiga atau tak peduli satu sama lain? Dalam hidup yang semakin sibuk, situasi semacam itu sangat potensial terjadi di perumahan atau perkampungan. Situasi yang rawan konflik dapat muncul apalagi di tahun politik seperti saat ini.

Nah, film dokumenter yang satu ini bisa menjadi referensi buat kamu untuk memahami situasi pertetanggaan. Betapa nilai-nilai kebaikan dan toleransi harus dipupuk bahkan sejak usia remaja dalam lingkungan sosial terdekat. Judulnya Wont You Be My Neighbor?

Ini kisah tentang Fred Rogers dengan kebaikan hatinya yang menginspirasi jutaan orang. Kebaikan sederhana dalam lingkup RT. Kebaikan pada tetangga. Film dokumenter besutan Morgan Neville tentang sosok Rogers sangat menyentuh dan mempengaruhi kepribadian anak-anak di Amerika. Mereka semakin faham dengan pentingnya tetangga dengan segala kebaikannya.

Film Neville melatih perhatiannya pada nilai-nilai inti Rogers tentang kejujuran dan kesopanan, yang berakar pada iman dan keyakinan agama. Tak seperti film biopic lazimnya. Sudut pandang dan cara bertutur film ini tidak menyanjung sosok Rogers secara berlebihan. Film ini berkisah tentang kebaikan kecil yang sangat penting dan berarti bagi kebersamaan dan integrasi sosial.

Masyarakat dalam lingkungan pertetanggaan menghadapi perasaan ragu, tidak aman, dan kesedihan kala terjadi  benturan sosial SARA, bencana dan musibah lainnya. Saling curiga timbul antar tetangga yang sebelumnya baik-baik saja. Persekusi bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Kedamaian dan ketulusan hati mendadak sontak lenyap di balik tirai wasangka.   

Isu intoleransi merebak seakan mendapat ruang untuk menjadi alasan saling menyalahkan. Toleransi atas intoleransi bisa saja terbukti. Di lain sisi isu itu potensial menjadi bola liar dan komoditas politik untuk menekan suatu kelompok.     

Rogers merancang banyak kegiatan untuk menanamkan cita-cita luhur pada kebersamaan dan kemanusiaan. Dimulai dari dirinya sendiri kemudian semakin luas pada lingkup keluarga dan tetangga. Bagaimana perbedaan warna kulit tak lagi menjadi bahan untuk melihat tetangga yang berbeda sebagai ancaman.

Dia yakini penting untuk perkembangan pra-remaja. Mereka perlu belajar tentang kebersamaan, merasakan indahnya bertetangga, dan menuju kedewasaan dengan, merasakan indahnya bertetangga, dan menuju kedewasaan dengan bahagia. Pendidikan karakter tidak bisa dilakukan dengan teori semata. Tanpa mengalami dalam keseharian tak akan tertanam dalam benak sang remaja untuk menikmati pertetanggaan.   

Rogers memang konsisten pada ‘kebaikan kecil’ yang ternyata mampu mengubah dunia. Teladan yang dipraktikkan dalam lingkungan kecil namun akhirnya mempengaruhi jutaan orang.  Hasilnya adalah kebaikan yang menghangatkan hati. Orasi Rogers meyakinkan senator Rhode Island John Pastore untuk memberikan US$ 20 juta kepada jaringan publik. Peristiwa itu sangat menginspirasi. Sulit dipercaya tapi hal itu benar-benar terjadi.