Donna The Q tentang Ibu yang Tak Pernah Dikenalnya

 

 

 

 

Kuingin Tuhan slalu ada di dekatmu/ agar bila kau sarat beban Tuhan meringankanmu/ Kuingin Tuhan slalu ada di sisimu/ agar bila kau jalan tertatih Tuhan kan menuntunmu   

LAKEYBANGET.COM - Lagu tentang ibu selalu mengharu biru. Iwan Fals dan Melly Goeslaw menulis dan membawakan lagu bertema ibu dengan sangat menyentuh. Tak jarang orang yang menyanyikan dan mendengarkannya menitikkan airmata. Baper berat. Karena kedekatan emosional yang dalam antara anak Adam dengan perempuan yang melahirkannya sangat dekat. Hanya Adam yang tak punya ibu.

Bagaimana jika seorang anak tak pernah mengenal ibunya yang meregang nyawa saat melahirkannya? Tentu ada kerinduan yang dalam pada sosoknya. Di satu sisi sang anak merasakan bahwa kehadirannya di dunia bersamaan dengan perginya sang ibu dari dunia fana. Perjuangan yang benar-benar mempertaruhkan nyawa.

Kamu tentu tahu, di negeri kita, angka kematian ibu melahirkan memang masih sangat tinggi. Ribuan anak terlahir tanpa pernah menatap wajah ibunya. Tanpa pernah mendengar nada-nada lembut dari nasihat ibunya.

Satu di antara ribuan anak itu adalah Donna. Anak Sukabumi yang tak pernah mengenal ibunya. Dari kecil hingga hari ini, Donna tinggal di Jogja. Di bantaran Kali Code. Bersama orangtua angkatnya yang berprofesi sebagai penjual pakan burung. Ayah Donna sendiri tinggal di Sukabumi. Seorang penjual bubur yang tak mampu merawat anak-anaknya karena keterbatasan ekonomi.

Maka, ketika Donna membawakan lagu tentang ibu. Tak terperi kedalaman penghayatannya. Apalagi suara dara 16 tahun ini memang memiliki warna yang khas. Bakat alam yang luar biasa. Adalah  musisi Sigit Baskara yang menemukan bakat Donna saat Sigit menjadi relawan di sekolah yang difasilitasi Rumah Zakat.

Beberapa lagu yang dibawakan Donna bersama grup The Q sudah mulai dikenal khalayak musik Tanah Air. Suara khasnya, motivasinya untuk membawakan pesan moral lewat lagu, dan perjalanan berat dan keras yang dilaluinya sungguh menginspirasi. Bisa menjadi referensi bagi pembentukan watak generasi mendatang. Untuk menjadi manusia yang kuat. Untuk menjadi anak yang berbakti meski pada ibu yang tak pernah dikenalnya.