Education Is The Most Powerful Weapon

Education Is The Most Powerful Weapon
Nelson Mandela (economist.com)

LAKEYBANGET.COM - Education is the most powerful weapon which you can use to change the world. – Nelson Mandela

Dunia mengenal sosok Nelson Mandela sebagai tokoh anti apartheid. Bagaimana politik pembedaan warna pernah terjadi di Afrika Selatan. Nelson Mandela pun pernah merasakan pahitnya politik apartheid. Ia pernah mendekam di penjara selama lebih dari 2 dekade.

Pada tahun 1990, Nelson Mandela menghirup udara bebas. Ia pun untuk kemudian mengikuti pemilihan umum yang akhirnya mengantarkan dirinya menjadi Presiden Afrika Selatan. Lalu apa yang dilakukannya ketika menjadi orang nomor satu di Afrika Selatan? Rekonsiliasi dan resolusi konflik dilakukannya.

Nelson Mandela untuk kemudian mengajarkan kepada dunia tentang perdamaian, anti apartheid. Ia menjadi sosok yang menginspirasi. Ia mendidik warga dunia pada nilai-nilai perdamaian, anti apartheid, dan tidak mendendam.

Nilai-nilai yang diungkap oleh Mandela bukan sekadar komedi omong yang diujarkannya saja. Melainkan ia sendiri telah melakukannya. Tak mengherankan jika Mandela menjadi icon untuk mengubah kontur wajah dunia menjadi lebih baik.

Film Invictus bisa menjadi tontonan yang menunjukkan bagaimana Mandela mewujudkan nilai-nilai yang diperjuangkannya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/RZY8c_a_dlQ" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Untuk kamu yang ingin mengetahui kisah hidup Nelson Mandela bisa menyimak film Mandela: Long Walk To Freedom.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/py4PmihHQE0" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Begitulah kiranya bahwa nilai-nilai kebaikan dapat kuat menggema dan mengubah dunia melalui jalur kata-kata dan tindakan nyata.