Fakta Seputar Insinyur Teknik Industri

 

LAKEYBANGET.COM – Kurang dari 3 bulan lagi kamu yang kelas 3 SMU atau SMK akan menjalani Ujian Nasional. Sebagian dari kamu sudah bersiap untuk melanjutkan studi. Entah ke jenjang diploma maupun sarjana. Banyak pilihan jurusan yang tersedia. Kali ini Lakeybanget.com akan menyajikan gambaran selintas tentang profesi insinyur teknik industri.

Sebagian besar bidang teknik berkaitan dengan produk, sistem, atau proses tertentu, teknik industri berfokus pada pengelolaan orang, pengorganisasian bisnis, dan optimalisasi penggunaan teknologi dengan cara yang meningkatkan efisiensi di berbagai pengaturan tempat kerja. Ada perpaduan antara bidang teknik dengan manajemen.

Perusahaan saat ini perlu bersaing dalam pasar yang semakin global, dan insinyur industri membantu mereka melakukan hal itu dengan meningkatkan produktivitas dan kualitas. Semakin efisien akan semakin kompetitif. Minimasi biaya bisa dilakukan di sana sini tanpa mengorbankan kualitas produk atau layanan.

Para insinyur Teknik Industri bisa bekerja di Rumah Sakit lho. Hasil kerjanya adalah ruang operasi yang disederhanakan dalam pengaturan perawatan kesehatan. Di bidang manufaktur atau di pabrik mereka akan mengoptimalkan jadwal produksi dalam menghasilkan barang.  Mereka juga menghasilkan rencana keuangan yang lebih rinci.

Insinyur industri dapat diminta untuk melakukan berbagai tugas dalam upaya mereka untuk mengurangi waktu, energi, dan uang yang terbuang di tempat kerja. Berbagai piranti dan teknik dikuasai untuk melakukan analisis sistemik dan menawarkan solusi untuk menekan penggunaan sumber daya.  

Mereka menggunakan model matematika atau simulasi komputer untuk menentukan desain terbaik untuk sistem informasi, produksi dan distribusi. Dengan perkembangan algoritma saat ini, para insinyur teknik industri dituntut untuk memahami dan menguasai konsep dasar dan piranti lunak yang dapat membantu membuat model matematis dari sebuah sistem.

Pada tingkat manajerial, membantu dengan perencanaan strategis, analisis keuangan, administrasi gaji dan program evaluasi pekerjaan. Para insinyur Teknik Industri bekerja dengan faktor manusia dan ergonomi, mengoptimalkan interaksi antara karyawan dan lingkungan tempat kerja fisik dan teknologi mereka.

Ada peluang kerja bagi para insinyur industri di berbagai industri. Teknik industri bukan hanya tentang manufaktur; itu juga disebut dalam industri jasa, perawatan kesehatan, pengiriman dan logistik, perbankan, hiburan, kehutanan dan penebangan, militer, dan semua tingkat pemerintahan.

Namun, jumlah insinyur industri terbesar dipekerjakan di sektor manufaktur seperti manufaktur dirgantara, manufaktur suku cadang kendaraan bermotor, dan pembuatan instrumen navigasi, pengukuran, medis, dan lainnya.

Kebutuhan yang berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas agar dapat bersaing di pasar yang sangat kompetitif, serta minat pada peningkatan efisiensi produksi untuk mengurangi dampak lingkungan, akan memastikan bahwa insinyur industri memiliki banyak peluang kerja di masa depan.

Bagaimana, apa kamu berminat?