Great Image, Grab Your Audience Love oleh Ferry Ardianto

Great Image, Grab Your Audience Love oleh Ferry Ardianto
Ferry Ardianto

LAKEYBANGET.COM - Di dalam Event  SMESCO DIGIPRENEUR DAY yang didukung oleh Galeri Indonesia WOW, ada satu sesi yang memang sangat memberikan ilmu yang hebat dalam seni berfotografi. Dengan narasumber yang notabene adalah seorang fotografer senior yang telah malang melintang selama 30 tahun di dunia fotografi, Ferry Ardianto, menjadikan sesi ini sangat menarik dan sangat sayang untuk ditinggalkan.

Ferry Ardianto di dalam sesi ini membagi-bagikan ilmunya secara gratis tentang bagaimana mempunyai sebuah karya foto yang mampu memancing emosi dan rasa yang melihat karya itu. Lalu bagaimana caranya? Untuk mendapatkan karya yang emosional kayak gitu, hal pertama yang harus kamu siapkan adalah bagaimana kamu menyiapkan diri untuk bercerita melalui foto. Lalu resapi pengalaman ruang emosional yang dirasakan. Karena kalo udah terikat secara emosional, gak usah disuruh lagi, pasti deh bakalan suka. Pilih objek yang kira-kira mewakili dan tak lupa, sesuatu yang harus para fotografer punya, IMAJINASI! Kerahkan semua imajinasi yang ada pada diri kamu. Kalo semua udah dapet, dijamin deh karya kamu bakalan jadi baik. Karena karya yang bagus aja akan terasa kurang kalo tidak baik. Karena karya yang baik adalah sebuah packaging yang komplit untuk sebuah karya foto.

Konsep juga perlu lho, banyak dari para fotografer sudah mempersiapkan konsepnya jauh hari sebelum mereka terjun untuk mencari objek yang bagus untuk dijadikan sebuah karya. Tapi bisa juga, konsep itu datang setelah kamu sampai di lokasi. Dan itu sih fair-fair aja.

Ferry Ardianto pun memberikan ilmunya tentang persiapan sebelum melakukan perjalanan foto. Yang harus diperhatikan itu adalah mengenai daerah tujuan, harus jelas, apa aja yang ada di sana, kira-kira apa yang bisa diangkat untuk menjadi objeknya. Kalo udah, giliran kamu mempersiapkan diri untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Karena komunikasi itu penting ya, kalo kamu sampai di satu daerah tapi kamu sendiri gak tau bahasa daerah atau infografisnya mungkin kamu akan sulit untuk mendapatkan sebuah karya yang bagus. Satu lagi yang penting lagi, yaitu imajinasi bebas sepanjang waktu, kalo perlu liat sekalian. 

Sebuah quote dari beliau sebagai penutup adalah Fotografi adalah bahasa gambar untuk menyampaikan dan menceritakan apa yang kita lihat, rasakan, dan pikirkan.