Gunakan Gawai dengan Bijak! Jangan Sampai Kecanduan

Gunakan Gawai dengan Bijak! Jangan Sampai Kecanduan
(c) stephenchukumba

LAKBAN - Dimana-mana orang pegang gawai, apalagi anak muda. Cari teman pake gawai. Bisnis pake gawai. Ngaji pake gawai. Liat berita di gawai. Dengerin musik di gawai. Belajar pun begitu. Banyak kebutuhan informasi, komunikasi dan hiburan yang ditawarkan oleh gawai. Terutama ponsel pintar.  

Banyak manfaat tapi banyak pula yang harus diantisipasi. Awalnya pengguna yang memanfaatkan teknologi tapi lama-lama teknologi yang memanfaatkan pengguna.

Ini dia tips yang bisa kamu pakai agar kamu dapat menjadi pengguna gawai yang cerdas!

#1 Konsentrasi manusia sangat penting dalam beberapa hal. Hilangnya konsentrasi pada saat berkendara dapat mengakibatkan terjadinya hal yang fatal. Tidak menggunakan gawai ketika sedang berjalan, apalagi saat mengoperasikan kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tepikan kendaraan dan berhentilah sejenak jika kamu merasa ada notifikasi penting.

#2 Kalau pekerjaanmu sudah mengharuskanmu menggunakan gawai maka bijaklah dalam meminimalkan kontak dengan gawaimu. Atur dan batasi waktu penggunaan gawai, misalnya maksimal dua atau tiga jam sehari. Jika pekerjaan mengharuskan kamu untuk menggunakan gawai, maka cobalah cari aktifitas lain yang tidak mengunakan gawai setelah selesai bekerja.

#3 Komunikasi langsung dalam keluarga sangat penting. Jangan sampai hilang kenikmatan bercengkerama dan kehangatan dalam keluarga gegara gawai menguasaimu. Utamakan bentuk komunikasi secara langsung agar kamu dan keluarga dapat menikmati kebersamaan dan tetap menjalin kedekatan.

#4 Disamping membatasi waktu dan intensitas kamu juga harus bisa batasi ruang untuk beraktivitas tanpa gawai. Tentukan area bebas gawai, misalnya tidak menggunakan gawai ketika berada di kamar mandi, dapur, atau kamar tidur. Jangan sampai insomnia karena kecanduan gawai. Kalau sudah lewat tengah malam dan kamu masih sibuk dengan gawaimu maka rasa kantukmu bisa lenyap.

#5 Sempatkan untuk beraktivitas yang lebih sehat, misalnya berolahraga atau membaca buku. Olahraga sangat penting bagi tubuh kita. Tidak hanya asupan gizi. Tubuh kita memang diciptakan untuk bergerak dan menopang aktivitas sehari-hari. Maka gerakan-gerakan yang melatih otot dan sendi sangat penting. Juga untuk organ penting dalam tubuh kita.