Hal Negatif Ketika memiliki Geng

Hal Negatif Ketika memiliki Geng

LAKEYBANGET.COM – Dalam sebuah lingkungan komplek perumahan, lingkungan sekolah, lingkungan pekerjaan, dll pasti kalian pernah melihat beberapa orang yang sedang berkumpul dengan orang yang sama setiap harinya. Atau kalian pernah punya geng atau kelompok di sekolah kalian atau tempat kerja atau lingkungan rumah.

Ada sebuah lagu dari Opik dengan judul “Tombo Ati” yang pada liriknya terdapat kata ‘berkumpulah dengan orang soleh’, nah lirik tersebut memiliki makna yang sangat dalam menggambarkan pergaulan orang-orang dilintas generasi.

Selain hal positif untuk membangun kepercayaan diri, memiliki geng juga memberikan dampak-dampak negatif yang biasanya tidak kita sadari.

Apasaja hal negatif yang bisa ditimbukan jika kita memiliki geng.

SERING MEMBICARAKAN ORANG LAIN

Salah satu ciri pertemanan yang sehat adalah tidak menggunjing orang lain, namun pada kenyataannya berkumpul dengan teman atau geng terutama perempuan lebih cenderung untuk membicarakan orang lain.

Biasanya selalu ada hal yang kurang jika kita belum membicarakan orang lai ketika sedang berkumpul dengan teman satu geng. Apa yang menjadi alasan suatu geng selalu membicarakan orang lain ?

Setiap orang memiliki perbedaan baik itu kebiasaan sehari-hari, selera makan, opini, pandangan politik, dll. Secara alami setiap orang selalu memiliki penilaian sendiri terhadap orang lain, berkumpul dengan orang yang memiliki penilaian yang sama dapat mendorong seseorang untuk mengungkapkan pendapat pribadi terhadapa orang lain.

Itulah alasan kenapa pada saat berkumpul biasanya mereka cenderung membicarakan orang yang memiliki kebiasaan berbeda dengan mereka.

KAMU AKAN TERKEKANG

Memiliki geng membuatmu menjadi terkekang, setiap tindak tandukmu akan selalu diperhatikan oleh teman segeng kamu apalagi jika melakukan hal yang tidak biasanya dilakukan bersama dengan kelompokmu.

Dengan begitu kamu akan merasa sulit berubah dan keluar dari zona nyamanmu, kamu akan sulit menjadi diri sendiri dan cenderung memiliki kebiasaan dan pandangan yang sama dengan temanmu.

Selain terkekang oleh kebiasaan kamu juga akan merasa sosialisasimu dengan orang lain akan terasa terbatasi.

MEMBELA TEMAN MESKI TAHU DIA SALAH

Hal negatif lain yang akan kamu lakukan ketika memiliki geng adalah membela teman satu geng yang memiliki masalah meskipun mereka salah.

Kamu akan cenderung selalu membela dan sependapat dengan teman segengmu untuk terlihat peduli dengan mereka.

Padahal sebagai teman yang baik seharunya kamu menjadi orang yang lebih netral dan bisa mengingatkan temanmu untuk kepada hal yang baik.

MENINDAS ORANG LAIN

 

seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa memiliki geng membuat kita memiliki kepercayaan diri yang lebih sehingga membuat kita merasa mempunyai power lebih.

Ketika bersama gengmu kamu akan merasa lebih percaya diri dan berani untuk bebas berkata atau berbicara bahkan melakukan hal-hal yang tidak baik seperti menindas, membully, dsb

Maka dari itu bergaulah dengan sehat jika kamu memiliki geng jadilah orang yang lebih membaw teman-temanmu pada kegiatan atau perbincangan yang lebih baik dan tidak menyudutkan orang lain. Pilihlah topik pembicaran yang baik ketika sedang berkumpul.