Hobi Memancing Orang Jepang Bukan Karena Kurang Kerjaan

Hobi Memancing Orang Jepang Bukan Karena Kurang Kerjaan

 

LAKEYBANGET.COM – Ngabuburit sambal mancing? Wah pasti asyik ya! Apalagi buat anda yang suka alias memang hobinya memancing. Pemancing di Indonesia sering mengalami cibiran yang menganggap bahwa hobi ini hanya bagi pemalas dan orang yang kurang kerjaan. Atau kebanyakan duit sehingga perlu rekreasi yang terkadang cukup merogoh kocek.

Anggapan itu tak sepenuhnya benar. Terbukti memancing menjadi salah satu hobi yang paling popular di Jepang. Di sana memancing dan makan ikan hampir menjadi sesuatu yang wajib. Dan kita tahu bahwa orang Jepang punya etos kerja dan disiplin yang tinggi.      

Terdapat 2 alasan bagi orang Jepang dalam menikmati aktivitas memancing yaitu adalah sebagai olah raga yang serius dan untuk kesenangan rekreasi atau sekedar sebuah hobi.

Di beberapa kelompok atau individu-individu yang menanggapi bila memancing bagian dari olahraga, biasanya ikan yang telah terpancing akan dilepaskan kembali dan tidak untuk dikonsumsi, karena memang tujuan sejak awal bukan untuk dikonsumsi melainkan mengumpulkan point dari hasil tangkapan tersebut. Namun di beberapa tempat rekreasi pemancingan di Jepang juga ada yang memperbolehkan hasil tangkapannya untuk dibawa pulang atau dikonsumsi.

Di Jepang memancing dilaut pada umumnya gratis, sehingga sebagian besar biayanya adalah untuk biaya masuk atau biaya lisensi memancing di air tawar atau pemancingan umum dan biasanya sejumlah lokasi pemancingan di Jepang juga menyediakan layanan fasilitas alat pancing, bisa di sewa dan juga bisa dibeli.

Toko-toko alat memancing yang terkenal seperti Joshuya, Sansui, dan Sabalo juga menawarkan peralatan memancing yang cukup lengkap, selain itu anda juga bisa membelinya secara online melalui website resmi yang dimiliki toko-toko tersebut

Jepang menawarkan berbagai macam ikan di perairannya, dan makanan laut sendiri adalah salah satu sumber makanan utama di negeri sakura ini. Anda bisa menemukan ikan seperti mahi-mahi, ikan tenggiri, tuna albacore, flounder, rainbow trout, dan cherry salmon di perairan sekitar kawasan Kanto jika anda memancing saat musim panas berlangsung.

Sebagian besar restoran sushi juga biasa menjual jenis ikan ini, Tentunya memancing adalah sebuah kegiatan yang menguntungkan dan menyenangkan bagi masyarakat Jepang. Oleh karena itu hobi memancing atau sebuah pekerjaan menjadi pemancing adalah pilihan yang populer di Jepang.