Ilmuwan atau Insiyur, Mana Yang Kamu Pilih?

Ilmuwan atau Insiyur, Mana Yang Kamu Pilih?

LAKEYBANGET.COM - Menjadi saintis atau ilmuwan mungkin menjadi cita-cita sbegaian dari kamu yang tergolong milenial. Terutama buat kamu yang saat ini sedang mengikuti PPDB untuk melanjutkan ke SMU atau Perguruan Tinggi. Tentu kamu yang mau masuk SMU akan memilih jurusan MIPA untuk kelak mengambil prodi atau jurusan saat kuliah yang bisa membuka jalan bagi cita-cita menjadi saintis.

Sebagian lagi mungkin ingin jadi rekayasawan alias insinyur. Di universitas kamu tentu akan diakmodasi di fakultas teknik dengan prodi yang beragam. Ada teknik industri, teknik informatika, teknik kimia, teknik fisika, teknik elektro, teknik lingkungan, teknik sipil dan sebagainya.

Sains dan teknik mewakili dua inisial berbeda, tetapi apakah mereka benar-benar berbeda? Baca terus untuk mendapatkan informasi tentang pekerjaan ilmuwan versus insinyur!

Pertama, mari kita pergi ke kamus. Definisi untuk sains adalah kegiatan intelektual dan praktis yang mencakup studi sistematis tentang struktur dan perilaku dunia fisik dan alam melalui observasi dan eksperimen.

Dan definisi untuk teknik cabang ilmu pengetahuan dan teknologi berkaitan dengan desain, bangunan, dan penggunaan mesin, mesin, dan struktur.

Jadi ketika kita berpikir tentang seorang ilmuwan versus insinyur, keduanya bukan entitas yang terpisah tetapi milik satu sama lain - tanpa ilmu pengetahuan, tidak akan ada rekayasa.

Apa yang dilakukan insinyur?

Rekayasa adalah bidang multifaset dan ada berbagai cabang, tetapi empat konsentrasi utama adalah mekanik, kimia, listrik, dan sipil. Masing-masing bidang ini bergantung pada sains.

Sederhananya, transaksi mekanis dengan apa pun yang bergerak dan menggunakan fisika; kimia jelas bergandengan tangan dengan kimia; penawaran listrik dengan matematika dan ilmu komputer; dan sipil juga bergantung pada fisika karena berfokus pada desain, konstruksi, dan pemeliharaan lingkungan fisik, termasuk jalan, jembatan, kanal, bendungan, dan bangunan.

Teknik bermuara pada cara kerja berbagai hal. Jika Anda senang menggunakan matematika dan sains untuk melakukan pemecahan masalah, Anda harus mempertimbangkan mempelajari teknik.

Meskipun teknik adalah ilmu, ada beberapa hal yang membedakannya sebagai bidang.

#1. Para ilmuwan mengamati dunia, sementara para insinyur fokus menciptakan. Sementara kedua bidang memang melibatkan observasi dan analisis, rekayasa terutama berkaitan dengan menciptakan dan bekerja pada kreasi yang sudah ada, sementara para ilmuwan bekerja dengan hal-hal di alam.

#2. Rekayasa adalah bidang yang jauh lebih spesifik. Meskipun rekayasa menangani berbagai masalah dan topik, teknik ini dipersempit untuk mempelajari cara kerja berbagai hal. Sains memiliki cakupan studi yang jauh lebih luas.

#3. Sains menciptakan pertanyaan, sedangkan teknik menciptakan solusi. Meskipun ini bukan aturan yang sulit, sains, secara umum, berkaitan dengan mengamati dan menghasilkan hipotesis dan teori, sementara teknik membantu menciptakan solusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Jadi keduanya benar-benar saling melengkapi.

Sains dan teknik adalah dua bidang yang berbeda, tetapi mereka berjalan seiring dan berada di bawah keluarga studi yang sama. Jadi, jika kamu menyukai teknik, kamu mungkin juga penggemar sains!

Sementara sains dan teknik secara tradisional adalah bidang yang didominasi pria, beberapa wanita hebat telah memberikan kontribusi besar bagi keduanya. Lihatlah para ilmuwan wanita terkenal dan insinyur wanita terkenal saat ini di sekitarmu!