Ingin Hidup Lebih Lama dan Tubuh Lebih Kuat? Ini Temuannya

Ingin Hidup Lebih Lama dan Tubuh Lebih Kuat? Ini Temuannya


LAKEYBANGET.COM- Hidup sehat dan lebih produktif menjadi dambaan semua orang. Walaupun manusia akan mati namun harapannya terus tumbuh. Termasuk dalam membangun harapan untuk hidup yang lebih berkualitas. Dalam usia senja, manusia tak ingin menjadi beban hidup bagi yang sesamanya.

Para peneliti dari Life Sciences Institute dari University of Michigan (UM) telah mengungkap penyebab menurunnya fungsi motorik dan meningkatnya kelemahan pada cacing kecil yang menua, dan mengidentifikasi sebuah molekul yang dapat ditargetkan untuk meningkatkan fungsi motorik.

Seiring bertambahnya usia manusia dan hewan, fungsi motorik mereka semakin memburuk. Cacing gelang sepanjang milimeter yang disebut nematoda menunjukkan pola penuaan yang sangat mirip dengan hewan lain, dan mereka hanya hidup sekitar tiga minggu, menjadikannya sistem model yang ideal untuk mempelajari penuaan.

Untuk lebih memahami bagaimana interaksi antar sel berubah ketika cacing menua, para peneliti menyelidiki persimpangan di mana neuron motorik berkomunikasi dengan jaringan otot.Mereka mengidentifikasi molekul yang disebut SLO-1, yaitu slowpoke kalium anggota keluarga saluran 1, yang bertindak sebagai regulator untuk komunikasi ini. Molekul ini mengurangi aktivitas neuron, memperlambat sinyal dari neuron ke jaringan otot dan mengurangi fungsi motorik.

Para peneliti memanipulasi SLO-1, pertama menggunakan alat genetik dan kemudian menggunakan obat yang disebut paxilline. Dalam kedua kasus, mereka mengamati dua efek utama pada cacing gelang: tidak hanya mereka mempertahankan fungsi motorik yang lebih baik di kemudian hari, mereka juga hidup lebih lama dari cacing gelang normal.

"Ini tidak selalu ideal untuk memiliki umur yang lebih panjang tanpa perbaikan dalam kesehatan atau kekuatan," kata Shawn Xu, seorang profesor fisiologi molekuler dan integratif di Fakultas Kedokteran UM. "Tetapi kami menemukan bahwa intervensi meningkatkan kedua parameter - cacing ini lebih sehat dan mereka hidup lebih lama."

Lebih mengejutkan lagi, waktu intervensi secara drastis mengubah efek pada fungsi motorik dan umur. Ketika SLO-1 dimanipulasi di awal kehidupan cacing, itu tidak berpengaruh pada umur dan bahkan memiliki efek yang merugikan pada fungsi motorik pada cacing muda. Tetapi ketika aktivitas SLO-1 diblokir pada pertengahan masa dewasa, fungsi motorik dan umur meningkat.

Karena saluran SLO-1 dipertahankan di banyak spesies, para peneliti berharap temuan ini akan mendorong orang lain untuk memeriksa perannya dalam penuaan pada organisme model lain. Pada langkah selanjutnya, para peneliti berharap untuk menentukan pentingnya saluran SLO-1 dalam pengembangan awal dalam cacing, dan untuk lebih memahami mekanisme yang mempengaruhi masa hidup.
Temuan ini diterbitkan pada hari Rabu di Science Advance.