Ingin Jadi Gamers, Begini Spesifikasi Laptop Gaming Bagi Pemula 

Ingin Jadi Gamers, Begini Spesifikasi Laptop Gaming Bagi Pemula 

LAKEYBANGET.COM - Buat kamu yang suka main game online, punya laptop gaming adalah wajib apalagi kalau kamu lebih membutuhkan perangkat komputer yang portable sehingga lebih praktis untuk dibawa ke mana saja. Beruntungnya Kamu karena sekarang sudah banyak produsen komputer yang mengeluarkan produk gaming laptop dengan spesifikasi yang lebih mumpuni untuk main game online.
Baca artikel seputar game di rubik ini

Agar bisa mendapatkan pengalaman gaming yang lebih maksimal, perangkat yang kamu gunakan mesti bisa memberikan kecepatan performa yang lebih baik, display gambar yang lebih tajam dan tidak pecah, hingga mekanisme keyboard yang bisa membuat gerakan jarimu jadi lebih cepat dan efisien.

1 Pilih GPU yang sesuai dengan budget

GPU atau Graphics Processing Unit adalah elemen laptop yang memastikan tampilan gambar yang muncul pada layar kamu terlihat dengan jelas, HD, dan tidak pecah. Karena itu elemen ini penting untuk dipertimbangkan ketika Gizmolovers ingin beli gaming laptop pertama kalinya.

Untuk game yang tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, Kamu bisa memilih laptop dengan GPU Nvidia GeForce GTX 1050. Sedangkan untuk Kamu yang ingin punya laptop dengan dukungan VR yang lebih mulus, GTX 1080 adalah pilihan GPU yang paling direkomendasikan saat ini tapi tentunya harganya pun lebih mahal.

2 Spesifikasi display yang lebih bening

Ukuran layar yang Kamu pilih pada gaming laptop tergantung dengan kerelaanmu untuk membawanya ke manapun Kamu pergi. Laptop dengan layar lebih besar tentunya lebih berat, tapi kalau Kamu tidak punya monitor untuk dihubungkan dengan laptop yang lebih kecil, layar yang besar bisa membuat tampilan game jadi lebih jelas.

Resolusi layar juga harus didukung dengan GPU yang mumpuni. Misalnya kalau Kamu menggunakan GTX 1070 atau 1080 maka layar dengan resolusi 2560 x 1440 lebih disarankan. Laptop dengan layar sentuh mungkin terdengar lebih sophisticated tapi untuk gaming laptop fitur ini sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Justru hanya makan baterai lebih banyak.

3 Spesifikasi lain yang bisa dipertimbangkan

Game-game modern saat ini lebih banyak mengandalkan GPU yang lebih bagus dibandingkan dengan CPU. Jadi kamu bisa mencari laptop dengan CPU Corei i5 yang harganya lebih murah, atau i7 kalau yang ingin agak bagus. Sedangkan untuk kapasitas RAM-nya pilih gaming laptop minimal dengan RAM 8 GB, kalau ada budget lebih RAM 16 GB lebih direkomendasikan agar permainan tetap mulus dan tidak mudah crash.

Tips memilih laptop gaming lainnya adalah laptop yang menggunakan HDD dan SDD sebagai tempat penyimpanan data secara bersamaan. Meski Kamu bisa menemukan laptop lebih murah yang menggunakan HDD saja, mayoritas gaming laptop saat ini menggunakan HDD dan SDD secara bersamaan. Jangan khawatir, baik RAM maupun kapasitas penyimpanan bisa di-upgrade kalau Kamu sudah punya budget lebih nantinya.

Merk-merk gaming laptop terdepan

Peminat gaming laptop makin banyak, maka tidak heran banyak vendor laptop yang mengeluarkan produk-produk laptop dengan spesifikasi gaming yang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau hingga high end. Alienware misalnya adalah brand laptop keluaran Dell khusus untuk gaming laptop dengan tampilan yang lebih gahar dan keyboard makro yang bisa diatur perintah tombolnya. Asus juga punya deretan gaming laptop dengan software yang bisa Kamu gunakan untuk memantau status performa laptop, plus backlight RGB yang bisa diatur sesukanya. Selain itu Acer, MSI, dan Razer juga punya deretan gaming laptop yang banyak dijadikan andalan gamers.