Jalan Rahasia Menjadi Spesialis Keamanan Data Siber (Bagian 1)

Jalan Rahasia Menjadi Spesialis Keamanan Data Siber (Bagian 1)
(c) abc.au

LAKBAN- Profesi apa yang menjanjikan hari ini dan di masa yang akan datang? Salah satunya adalah menjadi spesialis keamanan siber. Kesempatan untuk terus belajar, dan banyak hal baru yang menantang di dunia siber. Kebutuhan yang semakin tinggi. Dan tentu gaji yang menggiurkan.    

Karir menjadi satpam di dunia maya? Eh, bukan sembarang satpam lho. Ini satpam yang dibutuhkan dan dicari banyak perusahaan. Bayangkan ketergantungan perusahaan pada keamanan data di era digital. Ketika komunikasi dan transaksi dilakukan dengan cepat melalui jejering dunia maya. Apa yang terjadi kalau web dihack, data dicuri,  dan uang perusahaan dirampok melalui transaksi fiktif dan pencurian identitas dan kunci pengaman? Habis deh.  

Kamu yang berminat menekuni profesi itu mesti memulai dengan belajar tentang dasar dan aplikasi Cybersecurity. Ibaratnya, kamu musti punya fondasi yang kokoh. Hingga kamu faham betul intisari dari keamanan data siber. Tentu saja kamu harus mengikuti perkembangan. Faham dengan fungsi, tujuan, dan perspektif yang ada dalam generasi saat ini.

Untuk menjadi ahli dalam bidang ini, kamu harus menguasai keterampilan teknis seperti networking, pemrograman komputer dan semacamnya. Itu hard skillnya. Kamu juga akan dituntut memiliki soft skill yang memadai seperti komunikasi verbal, komunikasi tertulis dan keterampilan presentasi untuk mengekspos pekerjaanmu secara efektif.

Salah satu cara untuk melihat berkembang di bidang cybersecurity adalah dari sudut pandang pembelajar. Melalui sertifikasi keamanan. Ada banyak sertifikasi berdasarkan kategori atau bidang keamanan. Berikut beberapa nama. Untuk level pemula ada Ethical Hacker Bersertifikat - CEH | EC-Council, disediakan oleh Dewan-EC,  CompTIA Security + yang disediakan oleh CompTIA

Tingkat Menengah Hingga Mahir: Offensive Security Certified Professional - Disediakan oleh Keamanan Ofensif. CompTIA CyberSecurity Analyst <CompTIA CSA +>

Demikian pula, ada CHFI - Computer Hacking Forensic Investigator Certification [Computer Hacking Forensic Investigator-CHFI | EC-Council] untuk kandidat yang tertarik dengan Forensik - Disediakan oleh EC-Council di antara banyak lagi.