Jan Djuhana, Pecinta Musik yang Idealis

LAKEYBANGET.COM- Benar kata orang bahwa salah satu kunci sukses sebuah profesi adalah passion. Seorang yang mencintai sebuah bidang akan lebih fokus dan tekun. Tak mudah goyah dan patah saat ujian datang. Selalu berusaha bangkit bersama cintanya.

Kesan itu tersirat dari perbincangan lakeybanget.com dengan produser kawakan Jan Djuhana. Sosok yang berada dibalik kesuksesan banyak musisi besar di tanah air. Produser yang akrab disapa Pak Jan ini jauh dari kesan jumawa. Antusias terhadap pertanyaan lawan bicara dan memberi respon yang membesarkan hati pada bakat baru yang muncul.

Publik tak banyak mengingat bahwa Pak Yan lah yang menjadi salah satu kunci kesuksesan Dewa 19, Elfa’s Sunger, dan Kahitna. Generasi 90-an sangat mengenal tiga grup yang melegenda ini. Single dan album mereka meledak dan menghentak jagat musik kita. Jutaan penggemar mendendangkan lagu-lagu cinta yang berkelas.

Kesuksesan karya para musisi tak hanya bermodal bakat dan segenggam keberuntungan. Profesionalitas, kemampuan membaca selera pasar, manajemen yang rapi dalam produksi dan promosi, serta banyak hal ikut berperan. Dan produserlah yang menjadi peramu aspek kreatif dan manajemen menjadi ‘produk’ yang menarik. 

Produser yang juga berhasil mendorong suksesnya Sheila on 7 dan Kla Project ini berkisah bahwa orangtuanya pernah memiliki toko kaset di bilangan Malioboro Yogyakarta. Mungkin itulah yang mendekatkannya pada referensi musik yang kaya. Pak Jan menjadi pecinta musik. Ngeband dengan teman sekolah dilakoninya. Dan pada akhirnya menjadi seorang produser.

Produser yang pernah berjaya di bawah bendera Aquarius dan Sony Music ini kini memiliki MyMusic sebagai label yang sudah melahirkan beberapa hits dan musisi ngetop. Sebut saja single Surat Cinta untuk Starla yanh dibawakan Virgoun. Juga beberapa single terakhir Anji, Judika, dan Syahrini bersama Maruli.

Pak Jan melihat bahwa perkembangan digital harus diantisipasi. Para musisi kini bisa hidup dari main di panggung, namun juga harus mampu memanfaatkan platform digital. Banyak musisi yang bisa mendapatkan penghasilan dari format streaming semisal notify, dari iklan di Youtube, dan berbagai lini digital lainnya.

Para musisi sukses sudah menganggap Pak Jan sebagai kawan. Tentu publik tetap berharap bahwa persahabatan Pak Jan dengan para musisi akan melahirkan banyak karya yang asyik. Yang berkualitas dan membawa pesan moral di tengah kompetisi ketat memenangkan selera pasar