Kamu Suka Havana? Dengerin Lagu Ini!

Havana, ooh na-na (ay)/ Half of my heart is in Havana, ooh-na-na (ay, ay)/ He took me back to East Atlanta, na-na-na/  Oh, but my heart is in Havana (ay)/ There's somethin' 'bout his manners (uh huh)/ Havana, ooh na-na (uh)

LAKBAN – Kalau kamu suka lagu Senorita tentu kamu kenal dengan penyanyi perempuan bersuara merdu di single itu. Sebelum meledak yang kedua kalinya bersama Shawn Mendez ia sudah menempati papan atas penyanyi latin di Amerika. "Havana" adalah lagu yang direkam oleh penyanyi Kuba-Amerika Camila Cabello yang menampilkan vokal tamu dari rapper Amerika, Young Thug.

Sudah dua tahun berlalu. Alunan lagu ini masih menggema di seluruh dunia. Album ini dirilis pada 3 Agustus 2017, bersama dengan "OMG", dari album debut solonya Camila (2018).

Tak semua lagu yang awalnya tak diunggulkan bernasib nelangsa. Pada bulan Agustus 2017, Cabello mengkonfirmasi lagu tersebut sebagai single kedua album. Ia diservis ke radio pada 8 September 2017. Karena keberhasilannya yang meningkat, "Havana" kemudian menjadi singel utama resmi Camila, menggantikan "Crying in the Club".

 Pada bulan November 2017, versi remix dari lagu tersebut dengan rapper Puerto Rico Daddy Yankee diunggah ke halaman YouTube Cabello.

Meledaklah lagu ini ke seluruh penjuru dunia. "Havana" mencapai nomor satu di beberapa negara termasuk Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Meksiko, Inggris, dan AS, juga mencapai 10 besar dari beberapa negara lain. Video musiknya, disutradarai oleh Dave Meyers, menunjukkan Cabello memerankan dirinya sebagai Karla, serta aktris telenovela dan protagonis film.

Penghargaan pun membanjir. Dari satu panggung ke panggung lainnya. Ia memenangkan penghargaan Video of the Year di MTV Video Music Awards 2018, menerima tiga nominasi lainnya. Video vertikal, disutradarai oleh Sam Lecca, dirilis pada 10 November 2017, di akun resmi Vevo-nya.

Penampilan penyanyi lagu ini bagai tak kunjung jeda. Cabello menampilkan "Havana" di beberapa acara penghargaan, termasuk MTV Europe Music Awards 2017, iHeartRadio Music Awards 2018, dan Billboard Music Awards 2018. Pada bulan September 2018, Cabello merilis versi live dari lagu yang menampilkan penampilan solonya.

 Versi live dari lagu tersebut nantinya akan dinominasikan untuk Grammy Award untuk Penampilan Solo Pop Terbaik di Grammy Awards ke-61. Itulah salah satu puncak pencapaian lagu ini. Juga menancapkan nama besar Cabello di jagat musik dunia. Popularitas dan tentu kontrak-kontrak bergengsi. Pundi-pundi uang pun mengalir deras ke koceknya.

Laris manis bak kacang goreng. Itu adalah single digital terlaris tahun 2018 menurut Federasi Internasional Industri Fonografi (IFPI), dengan penjualan setara 19 juta unit di seluruh dunia