Pakai Kartu Biometrik, Gak Perlu PIN Lagi Lho

Pakai Kartu Biometrik, Gak Perlu PIN Lagi Lho

 

LAKEYBANGET.COM – Kamu masih perlu PIN untuk transaksi pembayaran digital? Sebentar lagi semua itu akan tinggal kenangan. Di tengah pembayaran digital yang makin marak, teknologi pun harus berlari kencang mengimbangi kebutuhan konsumen. Kemudahan dan kenyamanan semakin dituntut oleh pengguna.

Bank-bank di Inggris akan mulai menguji coba  kartu pembayaran dengan sensor sidik jari bawaan, dalam upaya untuk mengakhiri kebutuhan kode PIN, dan untuk membuat pembayaran lebih aman.

Selain itu, gaya pembayaran tanpa kontak yang baru ini juga akan menghapus batasan jumlah yang dapat dibayar menggunakan sistem tanpa kontak, yang mungkin juga memiliki konsekuensi untuk opsi pembayaran seluler seperti Google Pay.

NatWest, bank Inggris yang didirikan, telah mengumumkan 200 orang akan menjadi bagian dari uji coba pertama, yang akan dimulai pada bulan April menurut mereka yang terlibat dalam pengujian.

Ini pertama kalinya teknologi ini akan diuji di Inggris. Kartu tersebut akan memiliki sensor sidik jari di dalam tubuhnya, seperti halnya kita melihat kartu dengan chip hari ini, dan ini perlu ditekan ketika mencoba melakukan pembayaran. Teknologi ini akan berarti tidak perlu memasukkan kartu Anda ke dalam terminal, atau memasukkan nomor PIN.

Pembayaran tanpa kontak adalah hal biasa di Inggris dan Eropa, tetapi disertai dengan batasan jumlah yang dapat dibelanjakan. Di Inggris, transaksi tanpa kontak - termasuk yang dilakukan dengan Google Pay dan Apple Pay - tidak boleh melebihi 30 poundsterling Inggris.

Ini diberlakukan oleh bank dan hampir semua pengecer. Dengan memperkenalkan pemindai sidik jari, NatWest mengatakan itu dapat menghapus pembatasan, memungkinkan transaksi lebih dari 30 poundsterling dilakukan tanpa perlu nomor PIN.

Ini pada akhirnya mungkin berdampak pada bagaimana Google Pay, Samsung Pay, dan Apple Pay beroperasi di masa depan.

Otentikasi biometrik adalah standar di seluruh perangkat seluler saat ini, dan jika bank menambahkan sensor sidik jari ke kartu di masa mendatang, batas pembayaran dapat dicabut untuk pembayaran tanpa kontak seluler pada perangkat yang dijamin dengan metode biometrik.

NatWest bekerja dengan perusahaan keamanan Gemalto pada proyek tersebut, tetapi belum mengungkapkan bagaimana pelanggan akan mendaftarkan sidik jari mereka ke bank untuk mengaktifkan kartu.

 Sidik jari mungkin perlu didaftarkan di cabang bank, yang mungkin menjadi lebih sulit karena serentetan penutupan cabang selama beberapa tahun terakhir, sampai solusi jarak jauh ditemukan. NatWest juga bekerja dengan Visa dan Mastercard di proyek tersebut.

Ini bukan pertama kalinya percobaan semacam itu terjadi. Kartu bank berkemampuan sidik jari telah menjadi berita sejak 2014, dengan Mastercard bekerja dengan beberapa bank di berbagai negara di dunia sejak saat itu.

Versi kartu yang lebih lama dengan sensor sidik jari yang tertanam di dalamnya masih perlu ditempatkan di terminal pembayaran, menjadikan tes terbaru ini lebih nyaman dan jauh lebih cepat dari sebelumnya. Meskipun banyak tes, teknologi belum muncul untuk menjadi arus utama.