Kemdikbud Tayangkan Netflix di TVRI, Belajar dari Rumah Makin Asyik

Kemdikbud Tayangkan Netflix di TVRI, Belajar dari Rumah Makin Asyik

Lakeybanget.com - Kerjasama antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Netflix akhirnya mulai kelihatan hilalnya. Kedua pihak sepakat untuk menayangkan film-film dokumenter di TVRI mulai Sabtu, 20 Juni 2020.

Dengan kerjasama tersebut, maka mulai kini film-film dokumenter seperti Our Planet, Street Food: Asia, Tidying Up with Marie Kondo, Spelling the Dream, Chasing Coral, dan Night on Earth sudah bisa dinikmati guna menemani program Belajar dari Rumah (BDR).

Program kerjasama ini juga dilakukan untuk membantu mengatasi permasalahan infrastruktur pembelajaran jarak jauh yang saat ini terhambat karena layanan internet yang belum merata.

Rencananya film dokumenter dari Netflix ini akan ditayangkan di TVRI setiap Sabtu pukul 21.30 WIB. Akan ada pula penayangan ulang pada hari Minggu dan Rabu pukul 09.00 WIB. 

Bela Bajaria selaku Vice President Local Language Originals Netflix menyebut, semua film tersebut ditayangkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Sayangnya, upaya Kemdikbud ini belum seiyah sekata dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), yang masih membatasi akses terhadap Netflix, begitupun dengan Telkom dan Telkomsel.

Padahal, selain kerjasama penayangan film dokumenter, per Januari 2020 lalu, Netflix juga sudah berinvestasi sebesar US$1 juta (sekitar Rp14 miliar) di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan film lokal dalam berbagai inisiatif.

Betulkah karena Netflix kurang mengakomodir para sineas lokal, entahlah.