Kuda Besi itu Chopper Bung!

 

LAKEYBANGET.COM - Sekembalinya dari Perang Dunia II, para prajurit tampak tidak puas dengan sepeda motor yang sedang dirancang dan dikembangkan oleh Harley-Davidson dan India. Sepeda yang mereka kendarai di Eropa lebih ringan, lebih ramping, dan jauh lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Seorang dokter hewan veteran perang mulai bergaul dengan mantan prajurit lainnya untuk menghidupkan kembali persahabatan yang mereka rasakan dalam pengabdian di dunia militer. Kelompok pertemanan  ini menyadari bahwa sepeda motor mereka membutuhkan perubahan yang tidak disediakan Harley.

"Pengendara motor" baru ini (istilah baru lainnya pada saat itu) memulai "memotong" dengan menghapus atau memperpendek (bobbing) fender pada sepeda mereka. Ini membuat motor terlihat keren dan tidak berantakan. Mereka awalnya menyebut sepeda cincang barunya dengan "Bobbers".

Sepeda motor ini jenis terus berkembang melalui 60-an dan 70-an dan mereka mulai memanggil mereka "motor chopper". Pada tahun 1969 film "Easy Rider" dirilis yang membawa Chopper ke mata publik. Film itu menggerakkan gelombang Choppers dan Chopper builder keren yang kita lihat hari ini. Orang-orang menginginkan Chopper dan tidak ada yang membangun mereka sehingga mereka harus membangunnya sendiri.

Apa itu Chopper? Chopper dibuat dengan melepas atau "memotong" bagian yang tidak perlu dari motor. Siapa yang butuh kaca depan, spatbor depan, lampu depan besar, penutup mata janggal, bar kecelakaan, kursi besar, dll?

Memotong bagian-bagian itu dan membuat sepeda lebih ramping dan lebih ringan. Bikers mulai menyapu ujung depan sehingga ban lebih jauh dari sepeda, itu memberi motor tampilan yang keren, yang berjalan jauh dengan pengendara sepeda motor.

Setang diangkat tinggi-tinggi dan disebut gantungan kera. Ban depan dibuat lebih tipis dan ban belakang dibuat lebih gemuk. Beberapa pengendara motor bahkan melepas baterai dan menggunakan magneto untuk mengurangi berat. Tangki bensin, lampu utama, dan penutup mata semuanya dibuat lebih kecil.

Apa pun yang dianggap tidak perlu telah dihapus. Ini dibuat untuk gaya sepeda yang unik dan dirancang untuk setiap pengendara karena setiap pengendara memutuskan apa yang perlu dilakukan untuk sepeda untuk membuat Chopper yang diinginkannya.

Sebagai mekanik halaman belakang individu mulai diperhatikan, desainer yang lebih berbakat mulai membangun motor chopper dan pekerjaan mereka menjadi sangat dicari. Seorang individu sekarang tidak lagi perlu benar-benar melakukan pekerjaan Chopper, cukup ungkapkan apa yang dia inginkan kepada seorang desainer Chopper dan sang desainer akan melakukan sisanya. Arlen Ness adalah salah satu desainer yang pertama dan paling dikenal.

Pada 1990-an, gerakan Chopper direvitalisasi. Meskipun Harley Davidson terkenal di dunia pengendara motor, ada banyak merek lain yang digunakan orang untuk membangun motor chopper. Bagi banyak pengendara motor chopper, itu adalah produk akhir yang penting, bukan nama merek, tetapi akan selalu ada segmen pengendara motor yang hanya menginginkan Harley.

Pendek kata, Motor chopper mulai karena pengendara tidak puas dengan apa yang diproduksi Harley-Davidson. Daripada meninggalkan H-D, pengendara merampingkan sepeda H-D dengan menghapus peralatan berlebih dan kemudian memodifikasi mesin, penggaruk, dan suspensi. Hasilnya adalah sepeda yang dipersonalisasi seperti halnya sepeda di Easy Rider.

Evolusi mantap sepeda motor terus berlanjut. Sepeda pabrik baru semakin canggih secara teknis dengan banyak aksesori, namun Chopper terus berkembang saat pengendara mencari kesederhanaan minimalis yang hanya dapat disediakan oleh Chopper. Apakah motor chopper di sini untuk tinggal? Benar! Tidak ada mesin yang terlihat sebagus dan tidak ada yang lebih menyenangkan untuk dikendarai.