Kuliner Di Ibu Kota, Coba Deh Susu Ketan Kemayoran, Tempat Favorit Emha Ainun Najib

Kuliner Di Ibu Kota, Coba Deh Susu Ketan Kemayoran, Tempat Favorit Emha Ainun Najib
Kuliner Di Ibu Kota, Coba Deh Susu Ketan Kemayoran, Tempat Favorit Emha Ainun Najib
Kuliner Di Ibu Kota, Coba Deh Susu Ketan Kemayoran, Tempat Favorit Emha Ainun Najib

LAKEYBANGET.COM - Ketika disebutkan Ibu Kota Jakarta, kira - kira apa yang langsung terbesit dibenak dan pikiran anda ? Pasti kemacetan, kesemrawutan, dan kepadatan. Seolah telah menjadi stereotip atau persepsi umum yang entah sejak kapan disepakati, bahwa Jakarta identik dengan kemacetan. 

Boleh saja orang berdialektika, memaparkan data sebagai senjata, menjadikan teori sebagai dasar dalam memandang dan menampik keruwetan kota Jakarta. Anda tidak bisa menolak realitas yang sesungguhnya kita alami, bahkan terlanjur kita nikmati demi sebuah hasil dan penghasilan. 

Tapi tidakkah ada sisi yang menarik dari Kota Jakarta yang dapat kita singgahi, kunjungi bahkan kita bisa nikmati bersama dengan teman, ataupun keluarga di hari libur, atau setelah pulang kerja ?

Tentu ada, karena Jakarta tidak seseram yang anda bayangkan. Saya akan ajak anda, ke sebuah tempat kuliner di Ibu Kota, yang sampai saat ini tetap ramai diminati oleh banyak orang. 

Siapa yang tidak pernah mendengar kuliner "Susu Ketan Kemayoran" ? Dari namanya saja kita sudah tahu dan jelas, nama kulinernya Susu Ketan dan lokasinya di Kemayoran. 

Nama yang sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga para pencinta kuliner di Jakarta, mungkin hanya akan tetep asing ditelinga orang yang kurang piknik. Tapi percayalah tujuan saya, menulis ini tidak lebih untuk mengulas dan memberi informasi kepada orang yang belum tau tentang tiga kuliner, harga kaki lima, rasa bintang lima yang satu ini.

Warung susu ketan, tepatnya  terletak di jalan Garuda nomer 96, Kemayoran Jakarta Pusat. Kuliner susu ketan ini dibuka 24 jam non stop, dan akan sangat ramai di kunjungi banyak orang dihari-hari libur, weekend, Sabtu-Minggu. 

Anda tidak perlu takut, menu di warung ini sangat beragam sehingga anda dapat secara bebas dan demokratis memilih makanan yang anda suka. 

Diantara ragam menunya, mulai dari ketan susu, gorengan, teh poci, kopi, dan masih banyak lagi. Hanya saja, ketan susu tetap menjadi menu favorit dan unggulan di tempat ini, jadi sedikit atau banyak, suka ataupun tidak, anda mesti mencicipi kuliner terbaik di kota Jakarta ini, Sebelum anda ketagihan, nantinya. 

Salah satu karyawan di warung ketan susu Kemayoran ini Abdullah, menuturkan warung ketan ini hanya tutup saat hari raya tiba. Selain itu Abdullah juga menjelaskan, sebelum dikenal orang dengan sebutan Ketan Susu Kemayoran, warung ini awalnya dikenal dengan sebutan Ketan Kobok. 

Uniknya, Warung Ketan Susu Kemayoran ini telah berdiri sejak tahun 1958, artinya sudah kurang lebih 60 tahun berdiri sejak zaman kakek buyutnya Taryad. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Romi yang merupakan generasi ke-4. Tak kalah penting, warung ini masih  mempertahankan menu sejak pertama kali dibuka. 

Soal harga, sangat terjangkau, Anda dapat menikmati sepiring ketan dengan parutan kelapa dan tambahan susu kental manis hanya cukup merogoh kantong sebesar Rp5.000, harga yang saat ini sulit anda temukan pada jajanan-jajanan di Ibu Kota. Semua camilan dihargai Rp1.000 per potong dan seteko teh poci hangat dibanderol Rp.7000 ( untuk dua porsi).

Saking enaknya, dan rasanya yang khas dan legendaris, warung ini dijadikan oleh seorang Seniman terkenal, Emha Ainun Najib atau akrab dipanggil Cak Nun sebagai tempat favoritnya yang mesti dikunjungi ketika dirinya berada di Jakarta. 

Kapan-kapan, anda sepertinya perlu sesekali datang dan berkunjung ke tempat ini, selain untuk mengenyangkan perut, juga sebagai sarana untuk melupakan sejenak kepenatan di Ibu Kota. Selamat menikmati makanan, Awas Ketagihan. Sebab anda berhak atas makanan enak dengan harga yang terjangkau.