Literasi Maritim : Agar Slogan Bangsa Pelaut Tak Basi

Literasi Maritim : Agar Slogan Bangsa Pelaut Tak Basi

LAKEYBANGET.COM - Permukaan bumi lebih banyak merupakan perairan daripada daratan. Samudera luas membentang. Samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia menjadi bagian utama dalam sejarah bumi dan peradaban manusia. Penjelajahan, perdagangan dan penaklukan satu bangsa dengan bangsa lainnya mewarnai sejarah lautan. 

Badai di lautan luas adalah tantangan besar yang harus ditaklukkan untuk mencapai daratan nun jauh di seberang. Manakala lautan bisa ditaklukkan, kejayaan akan didapatkan. Laut menjadi jalan tercepat dan paling efisien selama ribuan tahun. Hingga teknologi kedirgantaraan berkembang, laut masih memberikan kontribusi paling besar bagi tumbuh-kembangnya peradaban. 

Pengetahuan kita tentang sejarah laut sangat penting. Agar kita tak hanya menjadikan  slogan Indonesia sebagai negara maritim hanya tinggal pepesan kosong. Literasi maritim menjadi salah satu kunci untuk mengembalikan kejayaan maritim kita. Kejayaan yang bermakna kedaulatan dan kesejahteraan rakyat Indonesia yang dianugerahi negeri kepulauan.  

Sejarah kelautan adalah studi tentang interaksi manusia dengan dan aktivitas di laut. Ini mencakup elemen tematis yang luas dari sejarah yang sering menggunakan pendekatan global, meskipun sejarah nasional dan regional tetap dominan. 

Kita harus belajar dari berbagai bangsa yang memiliki sejarah panjang kelautan. Kebanggan kita pada Sriwijaya, Bugis, Majapahit, Samudera Pasai, Bajau, dan sebagainya sangat penting. Namun kita harus pula menyerap kejayaan bangsa-bangsa asing dalm pelayaran dan kelautan. 

Catatan sejarah bahari dan menafsirkan peristiwa masa lalu yang eferensi kapal, pengiriman ekspedisi barang, navigasi, dan pelaut. Di wikipedia kita bisa mendapatkan referensi yang lengkap tentang sejarah kelautan. Kalu ingin lebih mendalami beberapa topik di dalamnya kita bisa menelusuri referensi dan pranala yang tercantum dalam artikel tentang sejarah kelautan. 

Sejarah kelautan adalah subjek umum yang luas yang mencakup penangkapan ikan, perburuan paus, hukum maritim internasional, sejarah angkatan laut, sejarah kapal, desain kapal, dan pembuatan kapal. Sejarah kelautan sangat menarik, bahkan buat kamu yang bukan pelaut atau tidak memiliki cita-cita sebagai pelaut. 

Kamu yang tertarik pada literasi maritim bisa mencoba melirik situs www.boatnotes.com.au ya!
Kamu bisa belajar tentang peta laut, kecepatan kapal dan serba-serbi kelautan lainnya dengan sajian dan tampilan yang menarik. Ada dalam bentuk pdf dan videonya lho.