Lomba Ketahanan Pangan Buat Anak Muda

Lomba Ketahanan Pangan Buat Anak Muda
ilustrasi lomba/ FAO

LAKEYBANGET.COM – Buat kamu anak muda ada kesempatan untuk menuangkan gagasanmu. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa  (FAO) telah meluncurkan kompetsisi atau kontes tentang keamanan pangan yang ditujukan bagi mereka yang berada di wilayah Asia Pasifik.

Kantor Regional FAO untuk Asia dan Pasifik membuka pendaftarannkontes foto, poster, dan video untuk mengilustrasikan ide-ide dari generasi muda tentang keamanan pangan.

Kompetisi ini untuk warga negara dari atau orang yang saat ini tinggal di negara di kawasan Asia-Pasifik dan yang berusia 30 tahun atau lebih muda. Namun, kaum muda di luar kawasan dapat berpartisipasi melalui slot “kontribusi khusus”.

Topik dapat mencakup cuci tangan, standar makanan, penipuan makanan, kontaminasi mikrobiologis, kontaminasi bahan kimia, e-commerce dan pengiriman makanan, atau perubahan iklim.

Pengajuan atau pendaftar harus menunjukkan topik atau masalah keamanan pangan yang terjadi di setiap titik dalam rantai pasokan.

“Kami mencari foto atau poster yang mewakili topik atau masalah keamanan pangan yang terjadi pada titik pilihan Anda dalam rantai pasokan makanan,” demikian tertera dalam ikhtisar kontes.

Entri video harus membahas masalah keamanan pangan yang peserta hadapi dalam kehidupan sehari-hari mereka, mengungkapkan kebiasaan, praktik, perilaku atau norma yang menyebabkannya serta solusi yang mereka sarankan. Mereka dapat ditargetkan pada anak-anak atau pendidikan, otoritas nasional, konsumen atau bisnis makanan dan dibuat dalam kelompok satu hingga tiga orang.

Peserta akan menerima sertifikat elektronik dan semua pemenang akan diakui. Pemenang video akan memiliki kesempatan untuk menghadiri Konferensi Keamanan Pangan Regional di Bangkok, Thailand, dan berbicara di depan para pakar keamanan pangan. FAO akan menanggung semua biaya yang terkait dengan partisipasi.

Pendaftar dapat mengirim hingga tujuh potong jika mereka memenuhi persyaratan kategori. Video tidak boleh lebih dari dua menit dengan terjemahan bahasa Inggris. Untuk mengikuti kompetisi “Jadilah muda, aman dari makanan, didengarkan” ikuti tautan ini.

Sementara tenggat waktu adalah 31 Agustus 2020, peserta didorong untuk mengirimkan entri pada tanggal 31 Mei untuk ditampilkan pada Hari Keamanan Pangan Dunia yang kedua pada tanggal 7 Juni. Keamanan pangan juga telah dipilih sebagai tema Hari Akreditasi Dunia.