Long Week End Sehat dan Bermanfaat

Long Week End Sehat dan Bermanfaat
(c) celebesnews

 

LAKEYBANGET- Liburan akhir pekan yang panjang segera datang. Kamu perlu menyiapkan agenda agar liburanmu tak berlalu begitu saja. Atau salah mengantisipasi hingga liburan berakhir kurang menyenangkan dan tanpa membawa kesan.

Salah satu yang dapat kamu upayakan adalah merancang liburan yang sehat. Sehat buat ragamu, sehat pula buat mentalmu. Ada beberapa rekomendasi yang akan lakban bagi ke kamu agar liburmu semakin bermakna. Terutama agar liburanmu membuat jiwaragamu segar kembali.

Yang pertama, Kunjungi Ortumu

Liburan panjang menjadi momen buat kamu yang tidak tinggal sekota dengan ortumu untuk mengunjungi mereka. Apalagi kalo kamu tinggal di kota dan ortumu tinggal di pedesaan. Akan sangat bagus buat kamu untuk berbagi cerita dengan ortumu sekalian mengembalikan pikiran dan raga agar kembali fresh.

Tapi jangan lupa diperhitungkan dengan matang kalo transportasi sekarang sering terkendala macet di liburan panjang. Jadi rencanakan perjalananmu sampai hitungan jam berangkat dan kembalinya agar tak bersamaan dengan arus puncak lalu-lintas.

Kalo naik pesawat ya cari tiketnya mesti jauh-jauh hari atau kamu harus merogoh kocekmu lebih dalam. Bahkan kadangkala tiket pesawat yang mahal pun habis pula.

Yang Kedua, Hiking

Naik gunung atau lintas alam juga bisa menjadi solusi bagimu untuk menghilangkan kepenatan. Long week end saatnya untuk menikmati alam. Apalagi buat kamu yang pdat dengan rutinitas di antara belantara beton.

Hiking punya banyak manfaat. Meningkatkan kebugaran, mendekatkan diri dengan alam, membakar kalori, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mencegah diabetes, dan sebagainya.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan sepeda. Biasanya kalau kamu sudah tergabung dalam komunitas sepeda kamu akan punya agenda gowes bareng ke berbagai tempat. Kalo naik gunung ya pake sepeda MTB alias mountain bike. Tapi untuk yang satu ini kamu musti berpengalaman dan terlatih. Kalo tidak kamu bisa cedera.  

 

 

 

 

Yang Ketiga, Bikin Proyek untuk Masyarakat dan Lingkungan

Istilah zaman old nya ya kerja bakti. Sambil menata lingkungan, bersosialisasi dengan tetangga akan membuat hidupmu lebih sehat. Tidak hanya secara fisik juga secara mental.

Kamu bisa mengenal dan menyapa tetanggamu. Kayaknya soal sepele ya? Tapi yang ini akan punya manfaat ganda. Secara individual dan sosial kamu akan semakin sehat. Aktivitas sosial ini bisa dikembangkan dengan berbagai bentuk. Misalnya membuat kebun hidroponik  atau Bank Sampah di lingkungan RT mu.

Tidak semua orang bisa menikmati liburan. Apalagi bagi mereka yang untuk makan saja susah. Maka, membuat aktivitas amal berbagi kepada lingkunganmu akan membuat liburanmu semakin sehat dan bermakna. Berbagi makanan, mainan, buku, atau pakaian sambil bermain bersama tetanggamu bisa jadi alternatif ya.    

Yang keempat, Ketemu Sahabat

Ketemu sahabat itu menyenangkan. Nostalgia mengenang segala pernah terjadi di masa lalu bisa menjadikanmu kembal fresh. Apalagi di zaman medsos, kontak yang lama hilang kembali bisa ditemukan.

Acara reuni kecil bisa terjadi di liburan panjang. Sahabat adalah tempat berbagi yang terkadang memang bisa lebih dekat daripada dengan saudara sendiri. Momen ketemuan dengan sahabat bisa digabung dengan acara jalan-jalan keluarga. Ini buat kamu yang sudah berkeluarga.

Yang terakhir, Berburu Kuliner Sehat

Yang ini perlu penekanan khusus. Karena yang enak tak selalu sehat. Walaupun untuk alasan sekali-sekali makan yang mengandung pantangan bisa jadi alasan.

Apa salahnya memilih dan berburu yang enak sekaligus sehat. Apalagi bila resepnya bisa di copy dan dipraktikkan di rumah. Buah dan sayur menjadi alternatif utama yang lakban rekomendasikan buat kamu. Usahakan menikmatinya dalam keadaan segar.

Okay. Nikmati libur panjangmu dan tetap sehat agar bisa terus berkarya ya