Mana Lebih Cocok Buat Kamu? Honda BeAT atau Vario

 

LAKBAN.COM – Motor Matic menjadi pilihan terutama buat kita yang punya mobilitas tinggi. Tingkat kemacetan dan kepadatan lalu lintas semakin tinggi. Kebutuhan untuk bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain makin tak terbendung.

Inovasi Yamaha Mio sebenarnya yang paling menghentak pasar industri motor di Indonesia. Honda pun segera menyusul dengan munculnya BeAT dan Vario. Seiring berjalannya waktu, persaingan justru terjadi antara Honda BeAT dengan Vario. Tentu banyak hal yang patut dicermati. Vario dengan harga 20 jutaan bersaing dengan harga BeAT yang 15 jutaan.

Desain Honda BeAT vs Vario

Disamping soal selera, desain motor juga harus sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya kamu lebih sering menggunakan motor untuk berboncengan. Mungkin juga kamu lebih banyak menggunakannya seorang diri. Juga buat kamu yang bertubuh besar mungkin akan cenderung memilih motor yang dimensinya lebih besar atau panjang.  

Kamu harus tahu bahwa Honda Vario ini lebih gemuk dan besar dibanding Honda BeAT. Vario sendiri memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi yaitu 1.919 mm x 679 mm x 1.062 mm. Dengan ukuran ini kamu yang relatif bertubuh besar dan menggunakannya untuk berboncengan mungkin akan lebih nyaman.   

Kalau kamu lebih suka desain yang ramping maka Beat yang layak kamu pilih. BeAT eSP hanya berukuran 1.856 mm x 666 mm x 1.068 mm. Hal tersebut langsung berpengaruh pada bobot motor Vario yang mencapai 111 kg. Sementara BeAT eSP hanya berbobot 93 kg. Dengan ukuran ini, kamu bisa lebih lincah bermanuver.

Bongsornya bodi Vario juga berpengaruh pada jarak sumbu rodanya yang mencapai 1.280 mm dan juga kapasitas bensinnya mencapai 5,5 liter. Sementara BeAT sendiri hanya memiliki jarak sumbu roda 1.256 mm dan kapasitas tangki sebesar 4 liter.

Meski lebih bongsor namun Vario memiliki jarak ke tanah yang lebih pendek yaitu 132 mm dibanding BeAT yang berjarak 146 mm. BeAt lebih nyaman bila melewati jalanan yang berlubang atau banyak polisi tidurnya.  

Mesin Honda BeAT vs Vario

Dapur pacu Honda BeAT lebih kecil dibanding Vario. Mesin Vario eSP yang lebih bertenaga dengan penggunaan tipe mesin 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan dan teknologi eSP. Sedangkan, isi silinder mencapai 125 cc.

Dengan mesin ini, Vario eSP mampu mengeluarkan tenaga kuda mencapai 10.99 Hp / 8.500 rpm dengan torsi optimum hingga 10,8 N.m/5.500 rpm. Sementara Honda BeAT eSP menghadirkan tipe mesin yang sama, yaitu 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP. Namun, dengan isi silinder yang lebih rendah yakni 110 cc.

BeAT bisa menghasilkan daya maksimum hingga  8.55 Hp / 7.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm. Konsumsi bahan bakar  Vario kurang lebih 53  km/ liter, sedangkan konsumsi BeAT rasio 59 km/ liter.

Kamu butuh yang lebih irit atau yang lebih bertenaga?

Fitur Honda BeAT vs Vario

Honda BeAT eSP dengan fitur Magnetic Shutter Key yang membuat motor aman. Ada juga fitur parking brake lock yang bekerja mematikan mesin ketika standar samping diturunkan. Kelistrikan pada Honda BeAT sendiri, menggunakan baterai tipe MF yang memiliki daya 12V-3Ah. Selain itu, dengan didukung pula oleh busi jenis NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9.

Sementara Honda Vario fiturnya lebih beragam yaitu Answer Back System, Ignition Key, ACD starter, Idling Stop System (ISS), Side Stand Switch dan juga fitur pengereman handal Combi Brake System (CBS).

Yang kamu juga harus faham, lampu Honda Beat terbaru 2019 masih menggunakan Halogen, Honda Vario sudah menggunakan LED. Penerangan lampu vario lebih sempurna dibanding BeAT.

Nah, kamu bisa pilih motor mana yang sesuai dengan kocek dan kebutuhanmu, Guys!