Mengapa Statistik Penting dalam Kehidupan Kita?

Mengapa Statistik Penting dalam Kehidupan Kita?
ilustrasi

LAKEYBANGET- Kamu mungkin sudah alergi duluan ketika melihat angka-angka statistik. Bahkan sebagian dari kamu mungkin akan menghindarinya. Deretan angka yang bikin pusing. Atau rumus-rumus statistik yang rumit. Akankah kita bisa mengindarkan diri dari statistik? Tidak ! Bahkan boleh dikata hidup kita tergantung dan terbantu oleh peran statistik.

Statistik adalah himpunan persamaan matematis yang biasa kita gunakan untuk menganalisa  berbagai hal. Itu membuat kita tahu tentang, apa yang terjadi di sekitar kita. Yang paling sederhana adalah saat kita menggunakan istilah rerata atau rata-rata. Saat itulah kita menggunakan istilah statistik. Karena jika kita melihat sekumpulan data dan kita ingin mengambil apa makna di balik kumpulan data itu, maka rerata adalah salah satu jalan menuju jawabannya.

Statistik penting karena hari ini kita hidup di dunia informasi dan sebagian besar informasi ini ditentukan secara matematis oleh bantuan  statistik. Kamu gak bisa banyak berargumen jika tak didukung data. Dan data itu bisa bicara saat kita membuat analisisnya dengan bantuan statistik.

Pendek kata, statistik adalah salah satu kunci untuk bisa bersaing di era digital. Disamping kemampuan komunikasi (terutama dalam Bahasa Inggris) dan kemampuan untuk memahami sistem pengkodean atau setidaknya memahami prinsip-prinsip dalam literasi digital. Agak berat ya Guys? Enggak lah buat kamu yang sudah siap sebagai generasi millennial.  

Artinya perlu diberi informasi data dan konsep statistika yang benar. Untuk lebih spesifik tentang pentingnya statistika dalam hidup kita. Berikut adalah 10 alasan menakjubkan yang telah kita dengar dalam beberapa kesempatan.mengapa statistik selama ini dibutuhkan dan akan tetap dibutuhkan saat kita memasuki Revolusi Industri 4.0.

  • Statistika Sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita membuat banyak prediksi. Dis