Minat di Bisnis Kuliner? SMK Tata Boga Jawabannya

Minat di Bisnis Kuliner? SMK Tata Boga Jawabannya

LAKBAN- Usaha di bidang kuliner atau tata boga makin marak. Banyak orang berinvestasi di bisnis kuliner. Tak semua pelaku bisnis ini berlatar belakang pendidikan formal yang relevan dan terkait urusan dapur, lho

Ada artis, eksekutif, dan berbagai profesi yang terjun di bisnis kuliner atau boga. Koki, bartender, barista, dan waiternya tentu saja kebanyakan berpendidikan kuliner. Ini menandakan bahwa peluang bisnis ini berkembang terus. Prospek bisnisnya bagus. Semakin banyak konsumen membutuhkan jasa boga untuk keperluan yang beragam. 

Lapangan kerja membutuhkan tenaga terampil lulusan Tata Boga dari berbagai jenjang termasuk SMK. Baik untuk posisi waiter, asisten koki, koki, dan berbagai posisi di industri kuliner membutuhkan SDM yang kompeten dalam lingkup tata boga. Dari berbagai situs lowongan kerja memuat kebutuhan tenaga lulusan SMK Tata Boga untuk berbagai posisi tersebut. Baik industri besar maupun industri menengah dan home-industry. 

Sambil bekerja kamu bisa memperdalam ilmu dan skill. Kalau minat kamu memang tinggi pasti kamu akan mendapatkan jalan untuk menjadi ahli yang profesional di bisnis boga. Industri boga juga akan menunjang industri pariwisata. Khususnya wisata kuliner. Destinasi wisata tanpa kuliner yang khas dan memenuhi standar mutu akan sulit bersaing.     

Apa saja yang dipelajari di SMK jurusan tata boga? Dasar Program Keahlian antara lain : Keamanan Pangan (Sanitasi, Higienis dan Keselamatan Kerja), Pengetahuan Bahan Makanan, Boga Dasar, dan Ilmu Gizi

Sedangkan Kompetensi Keahlian yang diajarkan di SMK Tata Boga meliputi Tata Hidang, pengolahan dan penyajian makanan, produk cake dan kue Indonesia, produk pastry dan bakery, produk kreatif dan kewirausahaan. 

Dimana SMK tata boga? Kamu bisa browsing dan cari tahu dari brosur ataupun informasi langsung di SMK terdekatmu. Hampir bisa dipastikan ada jurusan atau kompetensi itu di SMK kotamu. Misalnya di SMK 57 Jakarta, SMKN 3 Bogor, atau SMKN 15 Bandung. (ADV)