Never Losing Your Enthusiasm

Never Losing Your Enthusiasm
Aldous Huxley penulis dan filsuf Inggris (theguardian.com)

LAKEYBANGET.COM - The secret of genius is to carry the spirit of the child into old age, which means never losing your enthusiasm. – Aldous Huxley

Pernahkah Anda memperhatikan anak kecil? Atau mengenang masa ketika kecil dahulu? Ada begitu banyak energi, semangat, antusiasme untuk menjelajahi, mencari tahu, dan mencoba-coba segala macamnya. Bahkan salah satu iklan deterjen, mengabadikannya dengan sebuah kalimat: “Berani kotor itu baik”.

Hal itu menunjukkan bagaimana ada semangat positif untuk mengeksplorasi segala sesuatunya. Namun, sayangnya seiring pertambahan umur, antusiasme kerap susut. Ada beberapa faktor, diantaranya “belenggu” dari sistem pendidikan, kita yang semakin akrab dan takut dengan konsep kegagalan, dan sebagainya.

Antusiasme yang susut juga bisa terjadi jika kita hidup di “habitat” yang tidak sesuai. Punya bakat dan hasrat di pekerjaan yang lebih dominan menggunakan otak kanan, tapi kenyataannya bekerja di pekerjaan yang lebih dominan menggunakan otak kiri merupakan contohnya.

Antusiasme merupakan energi untuk terus berkembang dan menjadi daya ketika kegagalan menghinggapi. Antusiasmelah yang membuat jam-jam panjang dalam pekerjaan menjadi bermakna dan seolah tidak terasa. Dikarenakan ada semangat yang terus terisi.

Kita tentu mengetahui konsep usia produktif manusia. Anda dan saya teramat mungkin berada di area umur produktif tersebut. Pertanyaannya apakah di usia produktif itu antusiasme menghinggapi hari-hari kita? Ataukah kebosanan, rutinitas yang membelenggu yang senantiasa hadir? Masih ada kesempatan untuk berbalik arah. Isi hidup dengan antusiasme yang menyala-nyala.