OS Baru Buat Pengguna Mac

OS Baru Buat Pengguna Mac

LAKBAN – Apakah kamu pengguna produk-produyk Apple? Jika ya kamu perlu baca ulasan LakBan dibawah ini. Tentu agar kamu tidak kaget dan tidak pula mudah termakan informasi yang keliru. Tentu apa sih? Simak saja!

Penyesuaian selalu diperlukan agar tak ketinggalan. Namun setiap lahir produk  baru ada saja kendala dan ‘cacat bawaan’.  Demikian juga dengan pembaruan Mac terbaru Apple, macOS Catalina, dirilis awal minggu ini, dan bersamaan dengan itu muncul kerumitan baik kecil maupun besar.

Pembaruan ini adalah yang pertama bagi Apple untuk menghilangkan dukungan aplikasi 32-bit. Tentu saja ini menjadi langkah yang menyebabkan semua jenis sakit kepala bagi pengguna aplikasi yang lebih kecil, plug-in, dan perangkat lunak lain yang mungkin tidak diperbarui untuk beberapa waktu atau mungkin memiliki telah dibuat oleh perusahaan yang tidak ada lagi.

Ada juga cukup banyak masalah lain dengan Catalina, seperti masalah ketidakcocokan perangkat lunak Adobe dan rintangan tak terduga terkait dengan penghapusan iTunes. Pengguna mungkin masih ragu. Dan perlu memilih dengan bijak apakah perlu segera melakukan up grade sistem operasi ini.

Pertanyaan penting bagi pengguna Mac yang mungkin berisiko mengalami alur kerja penting yang terganggu oleh Catalina. Apa yang sebenarnya salah jika Anda melakukan peningkatan? Haruskah Anda meningkatkan sekarang, dan apa yang harus Anda lakukan sebelum menarik pelatuk? Atau haruskah Anda menunda untuk saat ini, dan jika demikian, apa cara terbaik untuk melakukan itu dan juga memantau kapan mungkin aman untuk melakukan lompatan?

Apple pertama kali mengumumkan bahwa pada akhirnya akan menghapus dukungan untuk aplikasi 32-bit lebih dari satu setengah tahun yang lalu, ketika mulai mendorong peringatan kepada pengguna High Sierra bahwa perangkat lunak 32-bit "tidak didukung."

Aplikasi masih bekerja, tetapi dengan pembukaan resmi Catalina pada bulan Juni di WWDC, Apple membuat penghentian resmi. Dengan peluncuran Catalina, aplikasi 32-bit tidak lagi berfungsi.

Versi lawas produk Adobe seperti Photoshop menggunakan beberapa komponen dan pemasang lisensi 32-bit, yang berarti mereka tidak akan berfungsi setelah Anda meningkatkan versi. Bahkan uninstaller Adobe tidak akan bekerja setelah peningkatan Catalina karena itu juga merupakan komponen 32-bit.

Adobe menyarankan Anda untuk tidak memperbarui Mac Anda jika Anda mengandalkan Photoshop atau Lightroom versi Cloud yang lebih tua dan lebih dulu. Ia juga mengatakan bahwa, bahkan jika Anda melakukan peningkatan, Anda mungkin harus menghapus perangkat lunak itu terlebih dahulu atau yang lain akan sulit untuk dihilangkan begitu itu tidak dapat dioperasikan.

Perangkat lunak populer lainnya yang terjerat dalam transisi 32-ke-64-bit ini termasuk versi Microsoft Office yang lebih lama, banyak versi lawas dari aplikasi Mac seperti GarageBand, dan aplikasi yang dihentikan seperti iPhoto.

Bagi mereka yang bermain game di Mac, kemungkinan ada beberapa yang 32-bit dan tidak ada cara untuk menyelamatkannya setelah memutakhirkan ke Catalina.

Blogger Apple Steve Moser telah menyusun daftar 235 aplikasi dan menghitung yang tidak didukung di Catalina. Itu termasuk beberapa versi Transmit, 1Password, QuickBooks, VMWare Fusion, dan Parallels.

Nah, kamu sekarang bisa memutuskan untuk melakukan upgrade atau tidak terhadap gawaimu. Selamat memutuskan!