Pencapaian Baru Asus, Laptop Gaming Seharga Desktop

Pencapaian Baru Asus, Laptop Gaming Seharga Desktop

Lakeybanget.com – Para gamer sedang kedatangan tamu spesial dari industri perkomputeran. Bagi para pecinta laptop kenceng asus sedang memanjakan usernya dengan mengeluarkan laptop kenceng baru yang murah.

Laptop apakah itu?

Asus TUF A15, ya asus mengeluarkan laptop versi “The Ultimate Force” atau biasa disebut dengan TUF series laptop gaming asus yang memiliki harga cukup terjangkau.

Sebenarnya laptop ini memang sudah keluar cukup lama, hanya saja baru keluar di Indonesia baru-baru ini ketika pandemi covid-19 masih merajalela, namun dengan kehadirannya ditengah pandemi ini malah menjadi kebahagiaan yang luar biasa bagi para end-user.

Asus TUF A15 ini sudah dilengkapi dengan sertifikat Military Grade yang artinya sudah tahan dibeberapa suhu ekstrim dan tahan bantingan, tapi meskipun tahan bantingan, saya tidak merekomendasikan untuk sengaja dibanting ya, karena peruntukannya bukan untuk itu.

Sebelum kita membahas spesifikasi dan performas Asus TUF A15 ini lebih dalam, laptop ini memberikan varian harga dan spesifikasi yang berbeda seperti yang tertera di situs resmi Asus ini.

 

Dalam artikel ini kita akan membahas varian harga 15 juta yang dipasangkan Ryzen 7 4800H, dengan Grafik Nvidia GTX 1650Ti 4GB, kalau storage kita dberikan 512GB SSD NVME dari Kingston dan untuk displaynya sebesar 15inch 1080P 144Hz dengan Adaptive Sync.

Dengan spek seperti itu kita dapat display maksimum di 300 nits dengan akurasi warna/ colour coverage hanya sekitar 70% XRGB sehingga akurasi warnanya tidak terlalu tinggi.

Dari apa yang tersampaikan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa laptop ini adalah suatu work hours, sehingga jika kalian memang perlu untuk kebutuhan lebih professional terutama untuk kebutuhan warna atau colour coverage yang lebih tinggi seperti misalnya adobe RGB, saya sarankan sih untuk menggunakan layar terpisah atau monitor tersendiri.

Tapi TUF dibuat memang bukan untuk keperluan seperti tersebut, dan dibuat untuk lebih ke All Around User. Terlihat dari design TUF yang lebih sesuai dengan namanya, TUF terlihat lebih rigid, bahannya terbuat dari plastik meskipun layarnya sangat flexing.

Dari segi body yang terlihat, tentu sangat wajar Asus TUF A15 ini memberikan harga yang semurah itu untuk spesifikasi yang sangat tinggi ini.

Tapi tak usah khawatir meskipun begitu laptop ini tetap lolos spesifikasi TUF yang mengutamakan build Quality dan Durability.

Sehingga dari keseluruhan designnya, kita bisa lihat bahwa laptop ini memang terlihat lebih ke rigid dan Indsutrial Design banget, hanya saja keyboardnya yang sangat gaming, terlihat dari design WASD nya yang transparan dan diberikan RGB lighting, makanya diawal saya bilang ini lebih ke all around user.

Untuk urusan I/O ports laptop ini cukup lengkap dengan satu audio jack, satu usb 3.2 type C, dua usb 3.2, full size HDMI ports, satu usb 2.0, dan internet ports. Sedangkan untuk conectifity wifi mentok di Wifi 5 dan bluethooth sudah versi 5.

Screenshoot from ultrabookreview.com

Selanjutnya kita lihat benchmarknya menggunakan Cinebench di R15 dengan hasil yang cukup menarik, Asus TUF A15 mendapatkan skor rata-rata di 1800an yang artinya ini setara bahkan lebih sedikit dari 4900HS miliknya Zephyrus G14 yang harganya jauh lebih tinggi.

Untuk battery life, manajemen daya laptop ini sangat bagus sekali karena dari beberap reviewer diluar sana mereka bisa mendapatkan 7-8 jam pemakaian gaming, editing dan browsing dengan penggunaan wifi, bluethoot, pencahyaan di 50%.

Dengan penjelasan diatas, akhirnya kita bisa menemukan laptop yang bersaing dari segi produktifitas dan harga dengan desktop.

Kesimpulannya, laptop ini sangat worth sekali bagi kalian yang memiliki kebutuhan yang sangat banyak seperti perkejaan design, gaming dan office dan tidak cocok untuk para pekerja kantoran yang pakai laptop hanya untuk office karena dengan harga 15jt masih banyak laptop lebih murah dan lebih worth.