Penting Buat Kamu : 5 Creative Skills Populer

Penting Buat Kamu : 5 Creative Skills Populer

LAKBAN – Keterampilan kreatif semakin penting dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya berkaitan dengan hobi namun juga dalam kehidupan profesi. Untuk memenuhi selera pasar, kita perlu kreatifitas tinggi.

Di saat semua serba ada dan tersedia informasinya, kita punya banyak pilihan. Yang paling menarik dan kreatiflah yang kita pilih.

Nah, ada 5 keterampilan kreatif yang penting kita kuasai dan asah untuk jadi modal dalam kehidupan profesional dan pergaulan sosial kita.   

#1 ABSTRAKSI

Kemampuan abstraksi memiliki banyak aplikasi berbeda tergantung pada disiplin yang diterapkannya. Secara umum, abstraksi adalah proses mengeluarkan sesuatu secara teoritis sambil memisahkan atau mengabaikan rincian atau fakta yang tidak relevan untuk tujuan tertentu.

Mampu memikirkan hal-hal secara abstrak adalah keterampilan yang berguna untuk dikembangkan agar dapat berpikir lebih kreatif. Abstraksi memiliki aplikasi praktis dalam seni, ilmu komputer, psikologi, dan matematika, antara lain.

Jika kita penasaran bahwa mendekati proses pemikiran dari perspektif yang berbeda mungkin bermanfaat, maka abstraksi mungkin merupakan keterampilan yang berguna untuk dipelajari.

#2 TEORI WARNA

Teori warna adalah keterampilan mencampur, memasangkan atau membandingkan warna sesuai dengan roda warna. Ini dapat digunakan dalam seni, desain, dan mode.

Mengetahui kapan harus menerapkan teori warna dan kapan harus menumbangkannya adalah keterampilan yang berguna untuk memiliki kebenaran aplikasi. Hampir setiap orang dapat melihat lukisan atau pakaian dan hanya tahu apakah itu berhasil. Namun, jauh lebih sedikit orang yang dapat mengartikulasikan mengapa hal itu terjadi.

Memiliki pengetahuan yang baik tentang teori warna memungkinkan kita untuk mengartikulasikan mengapa dan memberi kita alat untuk membuat sesuatu bekerja ketika sebelumnya tidak.

#3 INOVASI

Inovasi adalah kemampuan untuk menghasilkan ide, perangkat, atau metode baru. Seringkali sebagai solusi untuk suatu masalah.

Inovasi bisa tampak seperti proses yang tidak mungkin untuk diajarkan. Namun, ada orang dan perusahaan yang dapat secara konsisten berinovasi berulang kali. Artinya kemampuan berinovasi bisa diolah.

Jika gagasan menjadi inovator menarik minat kita. Gunakan beberapa pemikiran kreatif dan cobalah untuk menyelesaikan beberapa masalah dengan cara yang baru dan tidak terduga. Kita tidak pernah tahu, kita mungkin akhirnya mengubah dunia.

#4 MENYANYI

Bernyanyi adalah kemampuan untuk menggunakan suara kita untuk menciptakan nada dan irama yang menyenangkan bagi telinga.

 

Saat ini sepertinya ada yang bisa berbicara ke mikrofon, bermain-main dengan beberapa tombol dan slider, dan terdengar seperti penyanyi profesional. Jika itu yang ingin kita lakukan maka lebih banyak kekuatan untuk kita.

Pada kenyataannya, menyanyi masih merupakan bentuk seni dan kerajinan. Jika kita meluangkan waktu untuk mengasah kerajinan itu, pada akhirnya kita akan dapat menyentuh orang dengan cara yang kuat dan bermakna dengan tidak lebih dari suara kita.

 

#5 KOMPOSISI VISUAL

Komposisi visual adalah keterampilan untuk dapat mengatur elemen visual dalam sebuah lukisan, foto atau karya seni lainnya dengan cara yang menyenangkan mata.

Menggunakan warna, tekstur, garis, dan bentuk untuk menyusun adegan yang sempurna lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mengetahui kapan harus menggunakan pedoman seperti 'aturan pertiga' dan 'aturan peluang' dan mengetahui kapan harus menumbangkannya adalah keahlian yang berkembang seiring waktu dan latihan.

Jika kita tertarik untuk meningkatkan kemampuan kita dalam segala jenis seni visual, maka setidaknya pemahaman dasar tentang komposisi akan menjadi keuntungan besar.