Perpustakaan Digital Dunia? Wow, Kamu Bisa Baca Sepuasnya!

Perpustakaan Digital Dunia? Wow, Kamu Bisa Baca Sepuasnya!

LAKEYBANGET.COM – Sumber informasi di internet memang sangat banyak. Termasuk sumber referensi pustaka. Yang paling populer  adalah Wikipedia. Jutaan artikel, foto, gambar, dan lainnya tersedia di sana. Menjadi ajang berbagi sumber pustaka yang melibatkan para volunter dari seluruh pelosok dunia. Pendek kata, cari apa saja ada.

Namun kamu yang hobi baca dan memerlukan referensi  luas bisa juga mengakses sumber lain. Misalnya World Digital Library (WDL). Situs ini adalah proyek Perpustakaan Kongres AS, yang dilaksanakan dengan dukungan Organisasi Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), dan bekerja sama dengan perpustakaan, arsip, museum, lembaga pendidikan, dan organisasi internasional dari seluruh dunia.

WDL tersedia di Internet, gratis dan dalam format multibahasa, materi utama yang signifikan dari semua negara dan budaya.

Tujuan utama WDL adalah untuk  mempromosikan pemahaman internasional dan antar budaya,  memperluas volume dan variasi konten budaya di Internet, dan menyediakan sumber daya untuk pendidik, ulama, dan khalayak umum. Juga untuk membangun kapasitas di lembaga-lembaga mitra untuk mempersempit kesenjangan digital di dalam dan di antara negara-negara.

Situs WDL memungkinkan untuk menemukan, mempelajari, dan menikmati kekayaan budaya dan dokumen bersejarah yang signifikan di satu situs, dengan berbagai cara. Konten pada WDL termasuk buku, manuskrip, peta, koran, jurnal, cetakan dan foto, rekaman suara, dan film.

Item WDL dapat diramban berdasarkan tempat, waktu, topik, jenis item, bahasa, dan lembaga yang berkontribusi. Fitur pencarian dapat digunakan untuk mencari semua metadata dan deskripsi dan teks lengkap buku cetak di situs.

Setiap item pada WDL disertai dengan deskripsi level item yang menjelaskan signifikansi dan konteks historisnya. Informasi tambahan tentang item yang dipilih disediakan oleh video kurator. Fitur lain termasuk penglihatan gambar tingkat lanjut, garis waktu, peta interaktif, dan bagian tematis mendalam tentang topik yang dipilih (dalam persiapan).

Semua alat navigasi, informasi bibliografi (juga dikenal sebagai metadata), dan deskripsi konten disediakan dalam tujuh bahasa: Arab, Cina, Inggris, Prancis, Portugis, Rusia, dan Spanyol. Metadata dan deskripsi dapat didengarkan pada opsi konversi teks-ke-suara yang tersedia untuk setiap item dalam ketujuh bahasa antarmuka.

Konten pada WDL dipilih oleh lembaga mitra sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Komite Pemilihan Konten WDL. Konten dipilih karena kepentingan budaya dan historisnya, dengan memperhatikan pengakuan atas pencapaian semua negara dan budaya selama rentang waktu yang luas.