Perpustakaan SMK Online

Perpustakaan SMK Online

LAKBAN – Buat kamu yang sekolah di  SMK dan membutuhkan referensi tersedia perpus online lho. Berbagai kebutuhan bacaan dapat kamu akses di sana. Jadi gawai kamu bisa bermanfaat untuk memperkaya pengetahuanmu tentang bidang kejuruan yang kamu tekuni. Coba tengok di perpustakaansekolah.net.

Perpustakaan menjadi salah satu pusat kegiatan akademik. Mencari referensi untuk kepentingan pembelajaran maupun riset menjadi salah satu tujuan pemustaka datang ke perpustakaan. Untuk itulah perpustakaan selalu ditantang untuk meningkatkan layanannya terutama melengkapi koleksi sesuai kebutuhan pemustaka. Tapi tidak semua punya waktu dan kesempatan untuk datang ke gedung perpustakaan.

Di lembaga pendidikan peran perpustakaan sangat penting. Lembaga pendidikan yang berkualitas pasti tak akan lepas dari memperhatikan kualitas layanan literasi siswanya melalui perpustakaan. Setidaknya kehadiran perpustakaan online untuk SMK bisa menjadi jembatan dan pelengkap bagi berbagai kebutuhan literasi.

Di era digital saat ini, perpustakaan memiliki tantangan baru. Untuk apa orang datang ke perpustakaan ketika sumber-sumber elektronik bisa didapatkan dengan mudah dan murah hampir tak terbatas di internet. Penyediaan sumber belajar ataupun literasi elektronik hari ini makin menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Oleh sebab itu maka perpustakaan dituntut untuk memiliki kemudahan akses secara offline atau online bagi semua pemustaka dengan cara semudah mungkin. Namun tentu saja dengan memenuhi standar layanan dan tunduk pada ketentuan yang berlaku.

Layanan perpustakaan seharusnya bertumpu pada pemenuhan kebutuhan pemustaka sebagai end user (pengguna akhir). Pemustaka membutuhkan informasi dalam bentuk katalog baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Selanjutnya pemustaka dapat memilih, mengakses, meminjam, dan membaca koleksi baik dalam bentuk monograf/ buku/ majalah, audio visual, audio, maupun konten digital. Disamping itu pemustaka dapat menjadi anggota perpustakaan di di perpustakaan manapun dengan mudah dan bisa mendaftar secara online.

Perpustakaan di SMK sebagai lembaga pendidikan vokasi memerlukan optimalisasi peran dan fungsi serta kualitas layanan. Juga rebranding (pembaruan citra) agar menarik bagi seluruh pemangku kepentingan untuk membangun, mengelola, dan memanfaatkan perpustakaan. Citra sebagai salah satu pusat kegiatan pembelajaran atau kegiatan akademik tidak hanya terbatas pada pencarian bahan skripsi namun juga keragaman koleksi dan layanan serta fasilitas lainnya.

Di perpustakaanlah pemustaka dapat berdiskusi, membedah referensi, mencari gagasan, juga membangun tradisi keilmuan atau hanya sekedar untuk rekreasi. Pendek kata, perpustakaan SMK Di Indonesia bisa menjadi pusat literasi vokasi Indonesia.