Rahasia Kepemimpinan? Ini Dia!

Rahasia Kepemimpinan? Ini Dia!

LAKEYBANGET.COM - Kepemimpinan sangat penting. Terutama di tempat kerja. Tanpa kepemimpinan yang kuat organisasi bisa oleng. Kinerja dan sinergi tidak terdongkrak.Prestasi pun tak mampu dukir. Oleh karenanya dibutuhkan  komitmen kita untuk meningkatkan ketrampilan dalam memimpin. Beberapa poin berikut ini bisa kita jadikan pegangan!

#1. Berikan contoh yang tepat Keteladanan sangat penting. Pimpin dengan memberi contoh dalam segala hal yang kita lakukan di tempat kerja. Mungkin sangat sulit untuk menegur anggota staf karena sesuatu jika kita adalah pelaku kebiasaan buruk.

#2. Asah keterampilan kepemimpinan secara berkelanjutan Untuk menjadi pemimpin yang hebat, kita harus memahami atribut dan keterbatasan sendiri. Tak ada yang sempurna. Kita harus jujur pada keterbatasan yang kita miliki. Mencari peningkatan diri secara terus-menerus berarti kita akan memperkuat keahlian kita sendiri dan memastikan bahwa kita memiliki keterampilan yang tepat untuk menjadi pemimpin yang efektif.

#3. Mahir secara teknis Menjadi pemimpin yang efektif juga berarti kita harus selangkah lebih maju dari tim kita dalam hal teknologi yang dapat memengaruhi industri dimana kita bekerja. Berlanggananlah ke blog industri dan baca whitepaper yang akan membantu kita mengikuti perkembangan teknologi di sektor kita.

#4. Membuat keputusan yang tepat dan tepat waktu Sangat penting bahwa kita berada dalam posisi untuk membuat keputusan dengan cepat. Dengan memastikan kita siap dengan alat pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan perencanaan yang baik, kita akan berada dalam posisi yang kuat untuk memimpin tim.

#5. Mencari dan bertanggung jawab atas tindakan kita Sebagai seorang pemimpin, tim kita akan mencari bimbingan dan inspirasi serta cara untuk membawa bisnis kita ke tingkat yang lebih tinggi. Ketika ada masalah, mereka akan meminta kita untuk mengambil tindakan korektif dan tegas.

#6. Sikap Positif Lingkungan yang positif lebih mungkin untuk menciptakan tenaga kerja yang lebih terlibat dan produktif. Dengan menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri, seorang pemimpin yang baik akan memahami dampak yang mereka dapat miliki dalam lingkungan kerja ini. Jelas, tidak selalu mungkin untuk memiliki sikap positif terhadap setiap tugas yang kemungkinan akan ditangani oleh seorang pemimpin, semakin banyak negativitas yang dapat kita hindari agar tidak mempengaruhi tenaga kerja kita, semakin besar kemungkinan kita akan melihat hasil positif.

#7. Terus beri tahu tim kita Tim kita akan meminta kita untuk terus mendapat informasi setiap saat, jadi cobalah untuk tetap mengikuti segala yang terjadi dalam bisnis kita dan di sektor kita. kita kemudian akan berada dalam posisi untuk memberikan informasi tersebut kepada tim kita yang diharapkan akan menghargai upaya kita. #8. Kenali tim kita David Brent, bos tercinta dari BBC 'The Office', ingin menjadi sahabat semua orang. Gaya manajemennya adalah menjadi penghibur, badut kantor jika kita suka. Sayangnya, taktik manajemen ini membuat semua orang dengan cepat kehilangan rasa hormat kepadanya dan dia tidak dapat mengelola dirinya sendiri, apalagi tim. Manajemen menentukan bahwa kita memiliki tingkat pemisahan dari tim kita. kita harus selalu ingat bahwa tim kita akan terdiri dari individu-individu yang memiliki pkitangan dan kemampuan yang berbeda dan akan berada pada tahap karier yang berbeda. Karena itu penting untuk memahami apa yang membuat mereka tergerak dan untuk mengingat bahwa apa yang memotivasi seseorang, tidak akan selalu memotivasi yang lain.

#9. Jangan takut untuk didelegasikan Salah satu keterampilan utama yang harus dipelajari manajer tim dengan cepat adalah pentingnya pendelegasian. Delegasi yang sukses mulai dengan mencocokkan orang dengan tugas. Jika ada kesenjangan dalam keahlian anggota tim, seorang pemimpin yang baik akan dengan cepat dapat mengidentifikasi dan mengelola kesenjangan ini.

#10. Pastikan tugas dipahami, diawasi, dan diselesaikan Sebelum kita mendelegasikan tugas kepada siapa pun di tim kita, penting bagi kita untuk memahami apa yang terlibat dalam tugas itu dan seperti apa hasil yang memuaskan. Jika tim kita mengajukan pertanyaan tentang tugas tersebut, cobalah untuk memastikan kita dipersenjatai dengan jawaban. Dengan tidak memiliki informasi yang diperlukan, kita bisa kehilangan rasa hormat dari anggota tim tertentu dalam tim kita. Pada akhirnya, orang ingin dipimpin oleh orang yang mereka hormati, yang memiliki arah yang jelas untuk bisnis..