Seberapa Greget Pengetahuanmu tentang  Seni Budaya Sunda?

 

LAKEYBANGET.COM -  Benarkah kita tak bisa hidup tanpa seni? Jawabannya terpulang pada bagaimana kita memaknai seni dan kehidupan itu sendiri. Bagi sebagian orang, kesenian menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Terutama pada seni tradisi. Dimana adat menjadi denyut nadi perekat kebersamaan. Kering rasanya hidup bila hanya diisi dengan kesibukan mencari nafkah atau kegiatan ekonomi.

Disamping aspek estetika, seni juga menjadi wadah bagi transformasi nilai dari generasi ke generasi. Melekat juga spiritualitas. Memaknai hubungan manusia dengan Tuhan.  Seni menjadi bagian penting dari budaya dan kebudayaan.

Kali ini kita akan bahas seputar  Seni Budaya Sunda. Di tatar Sunda, berbagai jenis kesenian yang menjadi penanda bahwa budaya unik di Jawa bagian Barat ini masih ada. Namun kecemasan sebagian masyarakat akan terikikisnya akar budaya Sunda oleh modernisasi juga merebak.

Budaya Sunda memiliki banyak kesenian, diantaranya adalah kesenian sisingaan, tarian khas Sunda, wayang golek, permainan anak-anak, dan alat musik serta kesenian musik tradisional Sunda yang bisanya dimainkan pada pagelaran kesenian.

Misalnya, Sisingaan. Kesenian ini adalah kesenian khas Sunda yang menampilkan 2–4 boneka singa yang diusung oleh para pemainnya sambil menari. Sisingaan sering digunakan dalam acara tertentu, seperti pada acara khitanan.

Lalu ada Wayang golek adalah boneka kayu yang dimainkan berdasarkan karakter tertentu dalam suatu cerita pewayangan. Wayang dimainkan oleh seorang dalang yang menguasai berbagai karakter maupun suara tokoh yang di mainkan.

Sementara itu ada seni Jaipongan yang sangat populer. Tari ini adalah pengembangan dan akar dari tarian klasik. Emang ada sih yang berkomentar kritis bahwa Jaipongan memiliki aspek erotisme. Namun, pada dasarnya tarian ini lebih menekankan pada gerakan-gerakan yang atraktif.  

Juga ada Tarian Ketuk Tilu , sesuai dengan namanya Tarian ketuk tilu berasal dari nama sebuah instrumen atau alat musik tradisional yang disebut ketuk sejumlah 3 buah.

Dan kamu pasti sedikit banyak sudah tahu dan permah mendengar bunyi alat musik khas sunda. Angklung, rampak kendang, suling, kacapi, goong, calung. Angklung adalah instrumen musik yang terbuat dari bambu yang unik enak didengar. Angklung juga sudah menjadi salah satu warisan kebudayaan Indonesia.

Beda lain dengan Rampak kendang. Beberapa kendang (instrumen musik tradisional Sunda) yang dimainkan bersama secara serentak. Ini juga menjadi populer karena sering dikolaborasikan dengan orkestra modern.

Yang agak tenggelam dari pentas budaya nasional adalah Seni Reak (kuda lumping). Sebuah pertunjukan yang terdiri dari empat alat musik ritmis yang berbentuk seperti drum yang terbuat dari kayu dan alas yang di pukul terbuat dari kulit sapi, yang di sebut dog-dog yang ukurannya beragam yaitu Tilingtit (ukuran kecil), Tung (lebih besar dari Tilingtit), Brung (lebih besar dari Tung), Badoblag (lebih besar dari Brung).

Ditambah oleh 1 alat musik ritmis bernama bedug yang dipikul dua orang dan ditambah lagi oleh satu alat musik melodis berupa Tarompet yang terbuat dari kayu yang melantunkan musik sunda sampai dangdut yang terkadang di temani seorang sinden.

Besok kita dalami lagi yang Guys?