Senjata Buat Presentasimu : Tips Memilih Proyektor Mini

 

LAKEYBANGET.COM – Presentasi menjadi bagian sehari-hari bagi sebagian kita. Gagasan dan rencana proyek harus dipaparkan kepada kolega dan investor. Materi kuliah dan pelatihan juga hampir selalu dipaparkan di kelas dengan presentasi yang dibantu piranti proyektor. Apalagi di zaman serba digital ini.

#PERTAMA Kualitas Gambar

Gambar yang diproyeksikan memiliki ketajaman tertentu. Semakin tinggi lumens akan semakin tajam. Kita bisa mempertimbangkan kualitas gambar yang kita butuhkan. Seberapa besar ruangannya. Apakah kita menggunakannya di ruang yang gelap atau ada banyak cahaya.  

Proyektor mini memiliki berbagai pilihan software dan lensa yang bisa berfungsi mencapai kualitas gambar terbaik. Sebuah proyektor mini berjenis LED memiliki perangkat keras khusus untuk fungsi lensa, sedangkan banyak desain LCD menggunakan perangkat keras proyeksi laser.

#KEDUA Konektivitas

Yang paling simpeel dengan koneksi nirkabel. Biasanya pakai wifi. Jadi kita tidak perlu repot dengan kabel dan port yang terkadang bermasalah atau tidak kompatibel.

Standarnya sih pakai VGA, HDMI, dan WiFi. Port VGA adalah port monitor berwarna biru untuk komputer dan laptop. Sementara itu, Port HDMI terutama digunakan untuk sistem video.

#KETIGA Kemudahan Pemakaian

Bagi sebagian  konsumen, antarmuka yang mudah digunakan membuat perbedaan yang signifikan dalam memilihnya. Yang penting mudah dan tidak merepotkan. Hingga tak kehilangan waktu untuk set-up atau ngulik sebelum menggunakan proyektor mini.   

Fitur plug and play biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang agak gagap teknologi atau ingin penggunaan yang praktis dan sederhana.

#KEEMPAT Kualitas Suara

Beberapa model proyektor mini memiliki speaker built-in yang menghasilkan audio berkualitas, tetapi mereka juga dapat dipasang ke audio board atau sistem speaker. Ya ini sekarang menjadi kebutuhan yang primer. Karena banyak materi yang berisi konten audio video.

Beberapa model tidak memiliki speaker, tetapi mereka memiliki headphone jack yang dapat digunakan untuk kebutuhan audio dengan menyambungkannya ke speaker yang dibeli terpisah.

#KELIMA  Kapasitas Baterai

Terkadang kita tidak mendapatkan sumber listrik di lokasi presentasi. Nah, gimana dong? Secara umum proyektor mini beroperasi dengan baterry power. Ini menambah kenyamanan dan portabilitasnya.

Yang  penting untuk memeriksa spesifikasi sebelum melakukan pembelian, karena beberapa proyektor mini, meskipun portabel, memerlukan listrik untuk dijalankan. Dan setiap baterai punya masa pakai. Seberapa lama bisa memenuhi kebutuhan energi mini proyektor kita. Juga daur hidupnya hingga kita memerlukan untuk membeli batareai baru.