Si Gaek 106 Tahun Pemecah Rekor Gowes

Si Gaek 106 Tahun Pemecah Rekor Gowes
Robert Marchand (c) Cycling Tips

LAKEYBANGET. COM - Kamu yang muda jangan kalah sama manusia renta yang supercool ini. Namanya Robert Marchand, umurnya 106 tahun. Bukan hanya masih hidup, pria kelahiran tahun 1911 ini bahkan mengejutkan dunia dengan kembali menggowes sepedanya di velodrome. Gila!

Marchand lahir di Amiens, dekat garis depan Perang Dunia Pertama. Sepertinya ia hanya manusia biasa. Warga kebanyakan dengan profesi yang tak terlalu menonjol. Marchand adalah seorang pemadam kebakaran di Paris pada 1930-an. Profesi mulia penuh pengabdian.

Nasib membawanya menjadi tawanan perang selama Perang Dunia II. Tapi ajal belum menjemputnya. Ia yang lahir dekat garis depan di perang yang satu dan ditawan musuh di perang yang lain ditakdirkan berusia panjang. Bahkan ketika banyak orang yang lahir setelahnya sudah mendahului menghuni alam kubur.    

Robert muda kemudian pindah ke Venezuela, di mana dia bekerja sebagai  seorang sopir truk dan penanam tebu. Kehidupan pekerja yang keras ini mungkin menjadi salah satu penyebab latar belakang aktivitas politiknya yang berhaluan kiri.

Penjelajahannya pada dunia baru terus dilakoninya. Pada 1950-an dia pergi ke Kanada, di mana dia memiliki pekerjaan sebagai penebang pohon. Dari Amerika Selatan, Robert pindah ke Utara yang memiliki iklim dan latar belakang budaya yang berbeda.

Sekembalinya ke Prancis pada tahun 1960, ia  bekerja sebagai tukang kebun dan penjual anggur hingga tahun 1987.

Pria ini juga seorang aktivis buruh. Dia berpartisipasi  aktif selama pemogokan 1936 di Perancis yang melahirkan fondasi era modern undang-undang ketenagakerjaan Perancis.
Dalam soal menggowe kereta angin, pria ini paling berpengalaman. Kala berumur 35 ia selesai ketujuh di Grand Prix des Nations pada tahun 1946. Dia kembali bersepeda pada tahun 1978.  Pria gaek ini berlatih setelah ulang tahunnya yang ke-100.

Pada bulan Februari 2012, ia membuat rekor dunia dalam satu jam bersepeda trek di kelompok usia yang lebih dari 100 tahun pada 24.250 kilometer (15.068 mi). Dia meningkatkan rekor ini menjadi 26.927 kilometer (16.732 mi) pada Januari 2014. Pada usia 105 tahun ia diakui sebagai pengendara sepeda tertua di dunia oleh Guinness World Records.

Marchand menempatkan kebugaran dan umur panjangnya yang luar biasa ke diet yang terdiri dari: banyak buah dan sayuran, sedikit daging, tidak terlalu banyak kopi - dan satu jam sehari pada pelatih rumah bersepeda.
Marchand tetap ingin mencetak rekor dunia baru. Larangan dokter tak dihiraukannya. Maklum saja, banyak dokter yang ditemuninya sudah lebih dahulu ‘check out’ dari dunia fana ini.