Siapkan Mental untuk Menjadi Penyanyi

LAKEYBANGET.COM - Ingin menjadi penyanyi? Kalau ya, kamu pasti harus belajar teknik vokal dan berbagai hal yang bersifat teknis menyanyi. Namun sebelum itu masalah mental lebih penting untuk disiapkan. Berusahalah untuk total dan fokus.  

Banyak orang bernyanyi karena hobi. Tak sedikit yang menjadikannya jalan hidup alias profesi. Dari penyanyi jalanan hingga penyanyi panggung. Bahkan beberapa menjadi terkenal setelah merilis video musiknya di youtube.

Pada dasarnya untuk menjadi penyanyi yang baik kamu harus menyiapkan mentalmu. Sebelum belajar teknik lebih lanjut, mantapkan dulu mentalmu. Ada beberapa hal yang perlu kamu camkan untuk itu. Berikut tips dari salah seorang guru vokal untuk kamu.

#1 Percaya Diri bahwa kamu pasti bisa menjadi penyanyi

Untuk menjadi penyanyi atau belajar bernyanyi kamu harus percaya diri bahwa kamu bisa. Kesiapan mental ini menjadi modal utama yang akan mengawal bakatmu. Tak ada bakat yang bisa berkembang maksimal kalau kamu sendiri tak yakin akan tujuan dan potensimu. Mental block tidak hanya dialami calon penyanyi. Di semua profesi orang sering tidak mampu mengatasi masalah ini.  

#2 Selalu memperkaya referensi

Walau kamu suka dan cocok dengan salah satu genre musik, ada baiknya kamu explore semua jenis musik. Terutama yang sedang ngetren. Ini akan menjadi tantangan tersendiri biat kamu. Jangan takut untuk mencoba. Setidaknya kamu akan mampu memetakan keterbatasan dan kelebihanmu.  

Dengan kekayaan referensi musikmu ada banyak keuntungan yang bisa kamu petik. Selain sebagai wawasan musikalitasmu juga memperluas intuisi bermusikmu. Kamu bisa berbagi ilmu, ngobrol dengan sesama penyanyi dan musisi juga nyambung.

#3 Bernyanyilah setiap ada kesempatan

Para penyanyi terkenal menggunakan kesempatan untuk bernyanyi dimanapun mereka berada. Nyanyi akan menjadi cara kamu berkomunikasi. Menyampaikan pesan dengan bernyanyi. Bahkan mungkin menulis lagu sendiri. Yang penting kamu terus menumbuhkan intuisimu sebagai penyanyi. Tak hanya kepekaan terhadap nada, kamu juga lebih terlatih dalam penghayatan. .

#4 Cari lingkungan yang suportif

Keluarga yang suka musik biasanya akan melahirkan musisi atau paling tidak anggota keluarga yang bersuara bagus alias pintar bernyanyi. Kalau kamu berada di lingkungan yang tidak mendukung, maka ciptakanlah.

Berikan pemahaman pada sekelilingmu bahwa kamu akan menjadi penyanyi dan dukungan mereka sangat berarti buatmu.

Nah, kalau mental kamu sudah siap dan lingkunganmu sudah kamu kondisikan maka kamu akan bisa mulai belajar dan berproses dengan optimal. Lakeybanget akan memberi referensi berkutnya tentang teknik vokal Guys..