SMKN 1 Tuban, Antara Prestasi, Inovasi, dan Daya Saing

SMKN 1 Tuban, Antara Prestasi, Inovasi, dan Daya Saing
ilustrasi SMKN 1 Tuban

LAKEYBANGET.COM - Salah satu SMK unggulan di Jawa Timur adalah SMKN 1 Tuban. Sekolah ini telah memiliki sejarah panjang sejak berdirinya tahun 1965. Pimpinan Sekolah dan guru-guru terbaik pernah dan sedang mengabdikan dirinya di sekolah ini. Lulusannya telah menyebar dan berkarya di seluruh pelosok tanah air.

Prestasi siswa dan kebekerjaan lulusannya cukup membanggakan. Hingga banyak lulusan SMP yang berminat dan bermimpi dapat diterima di sekolah ini. Tentu hal ini membuat SMKN 1 Tuban menjadi semakin selektif dalam penerimaan siswa baru. Dengan input yang baik, sekolah ini semakin meningkat daya saingnya.   

Di antara prestasi yang di raih sekolah ini diraih bulan Oktober lalu. Wildan Dede Prihastama kelas XI Intalasi Listrik 3 adalah sosok yang menelorkan ide pemanfaatan solar cell sebagai sumber energi mesin jahit yang mendapat anugerah sebagai pemenang ke dua pada ajang Astra Green Energy tahun 2018 yang digelar secara nasional oleh perusahaan multi-nasional ini.

Dari idenya itu akhirnya terbentuk tim peneliti yang beranggotakan Wildan dan teman-teman sekelasnya yakni Radhika Yuli Ifannico, Pipit Retno Lestari, dan Tegar Rubiyanto

Mereka ada di kelas XI jurusan instalasi listrik rombel 3. Dalam  bimbingan Ibu Endah Sulistyoningsih, ST., M.MPd dan Agus Suryanto, ST. tim ini mewujudkan gagasannya.

Bukan sekali ini mereka meraih penghargaan dalam karya inovasi. Pada tahun 2016. Tim inovasi produk terbaik dalam bidang otomotif kategori Inovasi SMK BISA di ajang Apresiasi Astra Untuk Indonesia Cerdas . Inovasi produk dengan judul Pemanfaatan Arang Aktif Limbah Kulit Siwalan Sebagai Absorban Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Absorban dari komoditas khas Tuban ini mampu menyerap gas CO yang terkandung dalam gas buang kendaraan sebesar 80 % dan CO2 mampu diserap sebesar 79% serta gas HC dengan kemampuan serapnya mencapai angka 95%.  Jika kendaraan bermotor menggunakan produk ini niscaya akan menjadi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan karena emisi gas buangnya sangat rendah

Sementara dari sisi kebekerjaan ada BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Negeri 1 Tuban. Kerjasama dengan berbagai industri dan kualitas lulusannya menjadi faktor penting dalam kebekerjaan atau keterserapan lulusan SMK ini. Dalam kerjasama tersebut industri dapat memberikan masukan menyangkut kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Salah satu lembaga yang membuka rekrutmen adalah UT. School. Lembaga di bawah United Tractor ini menyiapkan para profesional dalam bidang pengoperasian alat-alat berat. Mereka memberikan kepercayaan kepada SMK Negeri 1 Tuban sebagai tempat tes bagi rangkaian kegiatan rekrutmen yang dibutuhkan.

Disamping UT School pada tanggal 31 Oktober juga dilakukan kegiatan rekrutmen yang dilaksanakan oleh PT. PNM (Pemodalan Nasional Mandiri) yang membutuhkan tenaga kerja dibagian AO (account Oficer), dan FAO (Front Account Oficer).

Dengan prestasi dan keterserapan lulusan SMK N 1 Tuban yang terus meningkat dari waktu ke waktu  menjadikan sekolah ini salah satu barometer dalam pengelolaan pendidikan kejuruan di Indonesia.