Teknik Bayi Tabung untuk Tanaman? Namanya Kriopreservasi

Teknik Bayi Tabung untuk Tanaman? Namanya Kriopreservasi
pembenihan tabung (c) bbc.com

LAKEYBANGET.COM –  Bagaimana  menyimpan setidaknya 75% spesies tanaman liar yang terancam punah pada tahun 2020? Hanya tinggal dua tahun lagi lho. Berarti kita tidak punya banyak waktu. Harapan kita semakin menipis. Tanpa kepedulian seluruh penghuni bumi, tanaman-tanaman liar itu akan musnah.

Prediksi terbaru menunjukkan bahwa hal ini tidak mungkin tercapai, karena banyak benih tidak dapat disimpan menggunakan cara konvensional. Cara-cara baru harus ditemukan untuk mengatasi kepunahan ini.

Maka terobosan pun dilakukan oleh para saintis di bidang pembenihan tanaman. Sebuah  titik terang muncul. Harapan baru tampak di ufuk cakrawala. Inilah laporan riset yang dikutip BBC.Com dan bisa menginspirasi kamu para peneliti muda dan siapa saja yang ingin menjadi periset di bidangnya.

"Ini adalah polis asuransi terhadap kepunahan di alam liar, ” kata Dr John Dickie dari Kew's Millennium Seed Bank di Wakehurst di West Sussex.

Sebuah pohon ek kecil muncul dari tabung eksperimen di laboratorium. Ini sebuah terobosan . Pembibitan pohon ek berukuran besar dengan cara yang tak biasa. Awal pertumbuhan yang dirancang oleh para ilmuwan setelah melalui serangkaian uji coba di laboratorium kesuburan. Sebuah upaya untuk budi daya tanaman liar.

Satu dari lima pohon di bumi ini terancam punah. Sungguh mengkhawatirkan.  In-situ Conservation,  menjadi upaya cadangan terbaik  selalu yang terbaik, karena evolusi dapat terjadi setiap saat. Ini adalah back-up yang sangat hemat biaya jika sistem gagal. Demikian kata para peneliti di laboratorium tersebut.

Sebagai cadangan bila terjadi perang , bibit tanaman dan tanaman liar disimpan dalam lemari besi yang tahan bom, tahan banjir, bahkan tahan radiasi.

Menurut model yang diterbitkan dalam jurnal Nature Plants, 36% spesies tanaman yang terancam punah, 33% dari semua pohon dan sekitar 10% tanaman obat termasuk dalam kategori ini. Tidak semua spesies tanaman dapat ditanam di jalan biji kering di freezer seperti yang kita lakukan di bank benih. Sebagai contoh, kita memiliki pohon ek dan kastanye yang memiliki biji-biji yang kering dan jika kita mengeringkannya, kita membunuhnya.

Para peneliti sedang menyelidiki teknik kriopreservasi karena sulit menyimpan biji-bijian, yang meliputi staples seperti kopi, coklat dan alpukat, serta pohon-pohon warisan seperti pohon ek. Kriopreservasi bergantung pada embrio tanaman pembekuan Kriopreservasi melibatkan mengeluarkan embrio tanaman dari sisa benih, kemudian membekukannya pada suhu yang sangat rendah dalam nitrogen cair.

Dengan cara ini, tanaman seperti pohon ek dapat disimpan untuk masa depan. Pengembangan riset semacam ini bisa menjadi inspirasi bagi para siswa SMK Pertanian. Peran mereka tidak kecil untuk menyelamatkan bumi dengan berbagai inovasi. Setidaknya dalam taraf implementasi hasil penelitian maupun melakukan penelitian dasar dalam pembenihan.

Tetapi investasi baru diperlukan untuk menyempurnakan teknik dan membangun fasilitas kriopreservasi bersama bank benih konvensional.

Millennium Seed Bank sudah menampung hampir 40.000 spesies tumbuhan liar, yang disimpan, dikeringkan dan disimpan pada suhu -20 ° C di brankas.

Orang lain di seluruh dunia fokus pada tanaman, seperti beras dan kerabat liar mereka.

Di laboratorium di atas lemari besi, manajer koleksi benih, Janet Terry, sedang memilah-milah pengiriman benih dari Tanzania, yang akan ditambahkan ke koleksi. Mereka bisa memiliki nilai sebagai makanan, bahan bakar atau obat-obatan.

"Kami tidak tahu apa yang ada di dalamnya," katanya. "Tetapi yang benar-benar penting adalah dengan perubahan iklim kami - kami mengumpulkan dan melestarikan hal-hal ini sebelum mereka pergi - dan kemudian kami dapat menggunakannya untuk tujuan apa pun yang dapat kami temukan untuk mereka."

Bibit berkepanjangan sudah terbukti bermanfaat.

i padang rumput yang menghadap ke lansekap abad pertengahan di High Weald, saya bertemu dengan manajer konservasi Ian Parkinson.

Padang rumput sekarang menjadi habitat langka dan terancam di Inggris. Bibit tanaman lokal yang disimpan di bank benih digunakan untuk memulihkan keanekaragaman hayati alami dari lanskap.

Dia mengatakan bank benih seperti rekening bank di mana Anda dapat melakukan penyetoran dan penarikan.

"Jadi beberapa benih disimpan di sana untuk masa depan," katanya. "Tapi, benar-benar benih lebih baik di tanah tumbuh dan itulah yang kami suka lakukan di sini."