Tetaplah Sibuk : Tips Hindari Candu Nikotin

Tetaplah Sibuk : Tips Hindari Candu Nikotin
(c) findlay family practice

LAKEYBANGET.COM - Salah satu kunci berhenti merokok adalah dengan menjaga agar kita tetap sibuk. Kalau kamu banyak kerjaan atau aktivitas tentu kamu sedikit kesempatan untuk bengong. Sebagian kamu mungkin belum menyadari bahaya kecanduan merokok. Apalagi di usia muda dan produktif. Di usia remaja yang semestinya kamu jalani dengan gaya hidup dan pola hidup sehat.

Seringkali anak muda merokok dalam suasana ‘kurang kerjaan’. Tatapan kosong sambil mengepulkan asap rokok. Gelisah karena nggak tahu mau ngapain. Kalaupun kamu mungkin menyadari resikonya, banyaknya waktu luang yang kamu miliki akan cenderung menggodamu untuk mencoba dan menimati hal-hal yang menyenangkan. Termasuk yang kurang bermanfaat dan merugikan.

Merokok sambil ngobrol dengan sesama perokok memang asyik ya. Tapi setelah semua keasyikan itu baru kita sadar kalau sebenarnya ada hal yang lebih asyik. Hal yang berguna dan bermanfaat. Jauh dari kesia-siaan. Nah, dari pada sekedar memotivasi diri dengan ‘no smoking’ kamu juga bisa mengimbanginya dengan berbagai rencana dan kerja kreatif. Ngobrol sehat, apalagi sambil olahraga.

Kebiasaan dan tradisi ngopi juga tak jarang mendorong kita untuk merokok. Wah bisa lupa daratan. Kopi dan rokok sering menjadi pasangan seiring sejalan. Padahal ngopi tanpa merokok tetap asyik.

Kebiasaan merokok tidak sejalan dan tidak berbanding lurus dengan produktivitas kerja. Tapi bagi sebagian orang, merokok adalah teman kerja. Termasuk saat menulis. Kalau gak merokok rasanya ide nggak keluar. Apa hubungan antara merokok dan keluarnya ide? Mungkin memang perlu dikaji dan diteliti lebih cermat.

Nah pada artikel ini, Lakaeybanget akan mengajak kamu untuk mencoba beberapa tips agar kamu tak kecanduan merokok. Bahkan bisa berhenti merokok.

 #1 OLAHRAGA. Ya olahraga menjadi jalan untuk berhenti atau terhindar dari kecanduan rokok. Sekarang banyak banget anak muda yang hobi berolahraga. Jogging, sepedaan, nge-gym, beladiri, dan banyak olahraga lainnya yang trending. Apalagi sepakbola atau futsal tuh. Banyak banget peminatnya. Olahraga akan melawan kebiasaan hidup yang tidak sehat.


#2 JALAN-JALAN. Jalan jalan setidaknya jalan keliling komplek. Nenangga. Sosialisasi dan diskusi dengan tetangga. Disamping baik untuk fisikmu juga akan baik untuk kehidupan sosialmu. Tapi jangan nongkrong sambil merokok di rumah tetangga lho. Poinnya adalah kamu harus berusaha menghilangkan kejenuhan. Kejenuhan menjadi salah satu pendorong kebiasaan merokok.


#3 PERMEN KARET. Mengunyah permen karet. Bisa juga permen yang keras. Ini sudah dibuktikan oleh banyak pecandu rokok mampu menekan keinginan untuk merokok setidaknya saat keinginan itu datang terlalu kuat.


#4 MAIN GAME. Mainan pulpen atau game di aplikasi QuitGuide. Walaupun kelihatannya sederhana, namun menggunakan pulpen untuk mengalihkan kebiasaan jemari yang sering memainkan batang rokok ternyata efektif. Nah, dalam keadaan suntuk banget kamu juga bisa unduh aplikasi game yang diperuntukkan bagi orang yang ingin berhenti merokok yakni QuitGame.

Masih ada kelanjutannya, tapi coba dulu ya trik di atas!