Tips memilih gaya potongan rambut sesuai bentuk wajah

Tips memilih gaya potongan rambut sesuai bentuk wajah
barber-shop-main-street

LAKEYBANGET.COM Sobat Lakban tahukah kamu bahwa tidak ada yang lebih buruk daripada mendapatkan gaya potongan rambut yang tidak sesuai dengan bentuk wajahmu, bukan? Tidak disangkal, tren gaya potongan rambut memang sering berubah. Tetapi, satu hal penting yang perlu sobat Lakban tahu, bahwa tren tersebut belum tentu 'one size fits all', artinya belum tentu sesuai dengan bentuk wajah kamu. Wajah kamu yang tampan, bisa saja berubah jadi berantakan. Ini sesuatu yang menjengkelkan, bukan? Di sini, sobat bisa memilih gaya potongan rambut sesuai dengan bentuk wajah kamu.

1. Bentuk wajah oval

 photo wajah oval_zpsuokytdv8.jpg
Bentuk wajah oval memang bentuk wajah yang ideal bagi para wanita, tetapi tidak begitu dengan sebagian besar pria. Bentuk wajah oval ini dicirikan dengan bentuknya yang mirip dengan sebutir telur. Bentuk wajah oval tergolong universal, karena cenderung sesuai dengan berbagai gaya potongan rambut. Jadi, sobat tidak perlu khawatir untuk memilih gaya potongan rambut apapun. Bentuk wajah oval dengan besar yang seimbang di seluruh wajah memungkinkannya ditata dengan berbagai gaya, baik dengan potongan rambut panjang maupun pendek. Satu-satunya yang perlu sobat hindari hanyalah gaya potongan rambut panjang dan penuh sepanjang pinggiran wajah. Gaya potongan semacam ini membuat wajah sobat yang oval terlihat sangat bulat. 


2. Bentuk wajah persegi

 photo wajah persegi_zpsbqxq3aaq.jpg
Bentuk wajah yang satu ini dipandang sebagai bentuk wajah idaman pria, karena bentuknya yang memunculkan kesan maskulin pada pria. Dari sudut pandang wanita, mereka lebih menyukai pria berwajah persegi dengan menonjolkan rahang mereka yang terlihat kokoh. Bentuk wajah persegi dicirikan dengan sudut rahang yang lebar seimbang dengan tulang pipi serta sisi wajah lurus. Sebenarnya tidak jauh berbeda dari bentuk wajah oval, bentuk wajah persegi juga tergolong sesuai dengan berbagai gaya potongan rambut. Jika sobat lebih memilih untuk menonjolkan bentuk wajah, potongan pendek dan rapi adalah gaya potongan rambut yang paling sesuai untuk kamu. Pastikan area sekitar telinga bersih dari rambut. Selain itu, untuk menampilkan kesan sempurna, sebaiknya sobat memilih gaya potongan yang sedikit tinggi

 

3. Bentuk wajah lonjong

 photo wajah lonjong_zpsxcoycexh.jpg

Untuk bentuk wajah yang satu ini, sobat sebaiknya menghindari gaya potongan pendek pada sisi wajah. Gaya potongan semacam itu akan membuat wajahmu semakin terlihat lonjong dan kaku. Jika sobat ingin tetap mempertahankan gaya potongan pendek, setidaknya biarkan panjang rambut seimbang dengan panjang sisi wajahmu. Potongan rambut dengan gaya ini akan menjaga sobat untuk menjaga keseimbangan bentuk wajahmu yang lonjong. Jika boleh menyarankan, sobat sebaiknya memilih gaya potongan rambut dengan penataan sebagian rambut menutupi wajah. Gaya potongan ini akan membantu sobat untuk mengurangi kesan lonjong pada wajah.


4. Bentuk wajah bulat

 photo wajah bulat_zpsj0nmnmmi.jpg
Bentuk wajah ini dicirikan dengan bentuknya yang tidak memiliki sudut atau garis menonjol pada wajah. Untuk memunculkan kesan sudut pada wajah, sobat bisa menggunakan gaya potongan rambut yang bermain dengan tataan tinggi, tetapi tidak runcing. Lebih baik lagi jika sobat menghindari potongan runcing pada sisi wajah. Gaya potongan semacam ini bisa membuat wajahmu semakin bulat. Memilih potongan yang jatuh secara lembut di wajah akan membantu memunculkan kesan bersudut pada wajahmu. Untuk memunculkan kesan yang lebih baik, sobat sebaiknya memilih gaya potongan rambut persegi. Terlebih lagi membiarkan rambut jatuh pada bagian atas mata.


5. Bentuk wajah berlian

 photo wajah berlian_zpszvrvcc1c.jpg

Bentuk wajah berlian dicirikan dengan bentuk dahi dan dagu yang sempit, serta melebar pada bagian pipi dan rahang. sobat bisa mencoba memilih potongan rambut dengan poni menyapu lapisan atas wajah untuk menyeimbangkan bentuk rahang yang lebar. Sobat harus sebisa mungkin menjauhi gaya potongan dengan tepi runcing. Ini akan membuat telingamu tampak lebih menonjol. Selain itu sobat yang memiliki jenis rambut lurus, bisa mencoba untuk sedikit membuatnya tampak ikal, agar bentuk wajah sobat terlihat lebih sempurna. Tujuan utama penataan rambut agar bentuk wajah sempurna adalah meminimalkan tulang pipi yang cenderung luas dan menyeimbangkan dagu dan dahi yang sempit. 


6.  Bentuk wajah hati

 photo wajah hati_zpspbfpolbz.jpg
Bentuk wajah yang satu ini sedikit mirip dengan bentuk wajah berlian. Sobat sebaiknya memilih gaya potongan rambut pendek, karena membantu menonjolkan bagian atas wajah. Sebuah tips yang sesuai untuk menyeimbangkan bentuk wajahmu tentunya. Sobat bisa mencoba menumbuhkan jenggot tipis dan pendek pada dagu. Gaya ini akan membantu Groomers untuk mempertahankan keseimbangan bagian atas dan bawah wajah.
Sobat juga bisa memilih potongan persegi pendek, karena potongan ini juga membantumu untuk menyeimbangkan bentuk wajah. Menyeimbangkan bentuk wajah sangat penting untuk menyempurnakan bentuk wajah agar terlihat lebih sesuai dengan gaya potongan rambut. 

 

7. Bentuk wajah segitiga

 photo Gaya-Rambut-Pria-Keren-Sesuai-Bentuk-wajah-Wajah-segitiga_zpsnlkxlnhk.png

Bentuk wajah segitiga adalah bentuk wajah yang berlawanan dari bentuk wajah hati. Pria dengan bentuk wajah ini memiliki dahi sempit dan rahang yang lebar. Bentuk ini yang membuat sobat sedikit sulit untuk menentukan gaya potongan rambut yang sesuai. Jika boleh menyarankan, sobat bisa memilih gaya potongan yang membantu menambah volume dan lebar pada dahi. Jika sobat memilih untuk gaya potongan rambut panjang, hindari sejauh mungkin untuk gaya layering, karena akan semakin menonjolkan bentuk rahang kamu.