Ubah Mindset untuk Raih Suksesmu!

Ubah Mindset untuk Raih Suksesmu!

 

LAKBAN- Ingin Sukses? Ukuran sukses sendiri mungkin beragam. Namun secara umum orang ingin sukses. Dengan ukuran material maupun non-material.

Kalau belum berhasil atau sukses dalam hidup mungkin yang kita butuhkan adalah perubahan mindset kita. Pola pikir dan keyakinan diri. Mewujud dalam sikap dan cara kita merespon lingkungan dan tantangan dalam kehidupan.   Positive thinking adalah salah satu frasa yang tepat dalam membangun mindset kita untuk menuju sukses.

Lakban rumuskan tips buat kamu nih. Agar kita semua bisa mengubah mindset kita yang mungkin saat ini masih menghambat kesuksesan kita. Nih dia!

1. Ubah Self-Talk kita

Percakapan yang kita lakukan dengan diri sendiri adalah refleksi langsung dari pola pikir kita. Jika kita mengatakan pada diri sendiri "Saya tidak cukup baik untuk mencapai impian saya", pikiran kita akan menciptakan realitas kita dan pola pikir kita akan menahan kita dari memiliki kehidupan yang kita inginkan.

Untuk meningkatkan pola pikir kita, ubah self-talk negatif kita menjadi pidato pemberdayaan. Kedengarannya klise, tetapi mengatakan pada diri sendiri "Aku bisa melakukan ini" atau "Aku dapat ini", benar-benar berhasil.

2. Ubah Bahasa kita

Setelah mengubah dialog pemikiran batin kita dan kisah yang kita ceritakan kepada diri sendiri, ubah cara kita berbicara dengan orang lain. Hindari frasa seperti "Saya selalu seperti ini" atau "Saya selalu melakukan ini" untuk mendorong mindset berkembang.

Selain itu, biasakan untuk berbicara tentang hal-hal yang berjalan baik dalam hidup kita alih-alih mengeluh dan berbicara tentang masalah kita. Ini akan mendorong pola pikir berkelimpahan alih-alih rasa takut dan kekurangan.

3. Tentukan pola pikir yang kita butuhkan dan bersikap seolah-olah

Pilih tujuan yang ingin kita capai dan tanyakan pada diri sendiri: "Pola pikir mana yang saya butuhkan untuk mencapai tujuan ini?" Dan "Pola pikir mana yang dimiliki orang-orang yang berhasil di tujuan ini ?".

Sebagai contoh, orang sehat & bugar mungkin berbagi pola pikir "Saya suka merawat tubuh saya, menutrisinya dengan makanan lengkap dan berolahraga setiap hari." Jika tujuan kita untuk menjadi sehat & bugar, bertindaklah seolah-olah kita sudah MEMILIKI pola pikir orang yang sehat & bugar. Dengan cara ini, kita pada dasarnya menipu otak kita untuk mengadopsi pola pikir baru dan memperkuatnya dengan tindakan.

4. Pelajari & Terapkan

Baca buku-buku dari para pemikir hebat untuk memahami dan mengadopsi pemikiran mereka. Baca buku tentang cara kerja pikiran dan otak. Belajar dari para ahli pola pikir melalui kursus online, acara, dan pelatihan.

5. Kelilingi diri kita dengan orang-orang yang sesuai dengan pola pikir yang kita inginkan

Ingin meningkatkan uang & pola pikir sukses kita? Mulailah bergaul dengan orang-orang yang sangat sukses dan tampaknya memiliki banyak uang mengalir setiap saat. Lebih mudah untuk mengadopsi pola pikir baru ketika kita melihat bahwa itu sudah bekerja untuk orang lain. Pelajari bagaimana mereka berpikir dan menyesuaikan kebiasaan sehari-hari mereka agar sesuai dengan pola pikir mereka.

6. Ciptakan kebiasaan baru untuk mendukung perubahan pola pikir kita

Integrasikan kebiasaan yang kuat ke dalam hari kita yang membantu mengubah pola pikir kita dan memperkuat pemikiran kita dengan tindakan. Jika kita meningkatkan dari pola pikir "tetap" ke "pertumbuhan", jadwalkan waktu untuk belajar dan mulai mencatat pembelajaran dan pencapaian kita setiap hari. Jika kita meningkatkan dari pola pikir “tujuan” ke “perjalanan”, berlatihlah dengan penuh perhatian, nikmati saat ini dan rayakan keberhasilan kecil.

7. Keluar dari zona nyaman kita

Jika kita menempatkan diri kita dalam situasi yang menantang kita, kita tidak punya pilihan lain selain naik ke kesempatan itu dan meningkatkan pola pikir kita. Itu menjadi keharusan untuk bertahan hidup.

Jadi tanyakan pada diri sendiri, "Dalam situasi apa saya bisa menempatkan diri saya di dalam yang mengharuskan saya beroperasi dengan pola pikir yang lebih tinggi?". Pada dasarnya, idenya adalah merekayasa lingkungan kita untuk melatih otak kita!