Upaya NASA Mendekati Matahari

LAKEYBANGET.COM – Kalau di negeri kita pernah ada film atau lagu Menjaring Matahari, maka NASA hari-hari ini mengumumkan upayanya ‘menyentuh’ matahari. Misi NASA kali ini berhasil mendekati matahari untuk merasakan radiasi dan temperaturnya.

Terlalu panas untuk mengirim orang ke matahari? Jangan ditanya, dibayangkan pun sulit. NASA mengirim pesawat luar angkasa ke matahari pada 2018. Dan laporan tentang misi menyentuh matahari itu diumumkan di Univesitas Chicago.

Nama  misinya Solar Probe Plus mereka, pesawat ruang angkasa akan mengorbit di atmosfer luar matahari. Dalam jarak yang memungkinkan untuk melakukan penelitian  secara konstan atau terus-menerus dalam rangka mengambil sampel lingkungan matahari dan pengujian radiasinya.

Misi ini untuk menemukan mengapa atmosfer matahari lebih panas dari permukaannya, dan apa yang menyebabkan "Badai Matahari"   mempengaruhi sisa tata surya. Bagaimana hasil dari penelitian ini? Tentu akan sangat dinantikan para pencinta sains.

Pesawat ruang angkasa hanya bisa pergi sekitar empat juta mil jauhnya dari matahari, tapi itu yang paling dekat NASA bisa jangkau sejauh ini. Dalam jarak tersebut, teknologi yang dicapai saat ini sudah sangat terbatas dalam mengantisipasi tingginya suhu dan radiasi matahari.

Bayangkan bahwa pada jarak itu, kita harus menahan radiasi dan suhu intens lebih 2.550 derajat Fahrenheit. Panas banget ya?