Video Viral : Burung Terkecilkah ini?

LAKEYBANGET.COM – Apa yang terjadi kalau kamu menemukan telur burung? Mungkin kamu akan membiarkannya atau mungkin juga kamu akan memungutnya untuk mencoba menetaskannya. Dari sebuah upaya untuk menetaskan hingga membesarkan burung ternyata bisa menjadi alur kisah yang menarik jutaan orang, lho.

Video dengan judul The Smallest Bird You Ever Seen yang menampilkan proses dari telur menetas hingga burung itu survive telah menjadi salah satu video viral di jejaring berbagi video Youtube. Tak kurang dari 30 juta viewer  yang mengintip video unik ini. Salah satu spesies burung terkecil berhasil ditetaskan dengan menggunakan inkubator. Ukuran telurnya yang sangat kecil membuat kita sulit percaya bahwa telur tersebut adalah telur burung.

Spesies burung Wren itu memang teramat ‘imut’.  Siapa yang tidak kagum dengan ukuran telurnya yang begitu kecil. Dan bagaimana penetasan menggunakan inkubator yang ternyata bisa berlangsung dengan baik. Eureka! Semua proses itu menarik bagi publik.  

Wrens adalah burung sedang-kecil hingga sangat kecil. Burung Wren Aurasia adalah salah satu burung terkecil dalam jangkauannya, sedangkan spesies yang lebih kecil dari spesies Amerika adalah salah satu marga burung passerines terkecil di bagian dunia. Ukuran varian terkecilnya  dibawah 10 cm (3,9 in) dan 9 g (0,32 oz). Wren terbesar, rata-rata sekitar 22 cm (8,7 inci) dan beratnya hampir 50 g (1,8 oz ).

Warna dominan bulu Wren biasanya abu-abu, coklat, hitam, dan putih. Pada sebagian besar spesies menunjukkan beberapa garis terutama untuk ekor dan / atau sayap. Tidak ada dimorfisme seksual yang terlihat pada bulu-bulu burung, dan sedikit perbedaan antara burung-burung muda dan dewasa.  

Bagaiaman dengan kicauannya? Wrens memiliki kicauan yang keras dan sering terdengar rumit, kadang-kadang duet dengan pasangannya. Kicauan burung kecil ini banyak disukai kalangan penggemar burung. Membawa ketenangan dan suasana ‘dekat dengan alam’.

Yang juga menarik adalah upaya keras yang dilakukan pembuat video ini dalam merawat si bayi burung super kecil ini. Ukuran tangan dan jari manusia terlalu besar untuk menyuapi anak burung ini. Padahal setiap harinya dibutuhkan ketelatenan yang luar biasa agar burung ini tetap sehat dan bertahan hidup.   Dibutuhkan 80 kali upaya pemberian makan setiap harinya. Wow!