Wisata Unik, Pengalaman Menarik

Wisata Unik, Pengalaman Menarik
voluntourism (c) World Nomads

KEBUTUHAN manusia beragam. Salah satunya adalah kebutuhan rekreasi atau berwisata. Fitrah manusia untuk menjelajah ke berbagai tempat yang  bisa dijangkaunya. Wisata menjadi semakin marak seiring jumlah manusia yang semakin banyak dan ketersedian informasi, transportasi, dan akomodasi yang meningkat.

Wisata telah menjadi sektor yang menghidupi masyarakat di berbagai negara. Bahkan banyak negara yang pendapatan terbesarnya berasal dari sektor ini. Banyak juga negara yang mulai bergeser dari sumber pendapatan migas ke sektor pariwisata, Saudi Arabia misalnya. Negeri padang pasir ini memang memiliki karunia luar biasa. Tidak hanya ladang minyak, Saudi juga menjadi tujuan haji dan umrah yang secara ekonomi juga masuk dalam sektor pariwisata.

Perjalanan Umrah, dilihat dalam kacamata bisnis telah menawarkan berbagai paket perjalanan wisata. Selepas ke Tanah Suci, jamaah umrah dapat menapaki jejak peradaban Islam di beberapa negara, misalnya di Turki atau Palestina. 

Lalu, bagaimana dengan mengelola wisata sebagai sebuah rangkaian pengalaman unik di negeri kita?

Secara tradisi, kita punya pengalaman dengan paket wisata relijius di dalam negeri. Misalnya ziarah dan napak tilas perjalanan Wali Songo. Paket wisata ini sangat populer dan potensial untuk dikelola semakin profesional. Layanan yang baik dan memuaskan tidak saja dibutuhkan dalam hal penyediaan sarana transportasi dan akomodasi. Peziarah juga membutuhkan pemandu dan informasi yang memadai.

Dari pengalaman pengelolaan wisata reliji itu, para pemangku kepentingan di industri pariwisata dapat mengembangkan berbagai model layanan wisata yang inovatif. Experience atau pengalaman adalah aset tak nampak yang mahal untuk dijual sebagai paket wisata. Berikut beberapa model paket wisata berbasis pengalaman yang sudah mulai berkembang di tanah air.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/E16iOaAP4SQ" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>

Paket Wisata yang menawarkan keterlibatan anda dengan masyarakat dalam sebuah proyek yang bermanfaat  mulai diperkenalkan sebagai  VOLUNTOURISM. Sambil menikmati alam dan lingkungan, anda juga menjadi relawan misalnya dalam mengembangkan rumah baca, menaman pohon, pelestarian alam, dan berbagai misi sosial lainnya.

Wisata Edukatif juga menjadi pilihan bagi banyak orang, tak terkecuali para pelajar. Dalam lingkup ini diperkenalkan istilah GEOTOURISM yang merupakan wisata berbasis penjelajahan edukatif terkait sejarah geologi. Patahan, gua, sungai, dan berbagai lokasi yang selama ini dinikmati sebatas pemandangannya dikemas dalam paket wisata yang memberikan pengetahuan geologis yang menarik hingga wisatawan bisa lebih mengagumi lokasi yang dikunjunginya.

Wisata berbasis lingkungan atau dikenal sebagai ECOTOURISM juga dapat dikembangkan sebagai opsi bagi para pelancong. Termasuk di dalamnya Agrowisata yang membawa kita pada suasana alam pertanian yang dengan dengan alam dan lingkungan. Kehidupan pedesaan menjadi daya tarik tersendiri.

Menjadi tantangan bagi para pelaku industri pariwisata untuk menyediakan fasilitas yang efisien. Keterlibatan masyarakat dalam menyediakan akomodasi sangat penting. Homestay  dan kamar atau rumah yang bisa disewakan dengan fasilitas yang berih dan memadai  sangat diperlukan. PElancong dapat berinteraksi dengan penduduk namun tetap dapat saling menjaga privasi.

Dengan dukungan teknologi informasi, peluang ini dapat dioptimalkan. Disamping penginapan, pelancong membutuhkan makanan, suvenir, dan sajian seni budaya yang dapat menggerakkan tidak saja ekonomi namun juga geliat budaya  dan kreativitas masyarakat.