Yang Kamu Perlu Tahu tentang Rendang yang Ori

Yang Kamu Perlu Tahu tentang Rendang yang Ori
rendang daging dan telur

LAKBAN – Rendang merupakan masakan yang sangat digemari. Bumbu yang meresap kuat dalam daging menjadi kekuatan kuliner asli Minang ini. Meski begitu, berbagai bahan utama lain juga bisa menjadi pengganti daging sapi. Daging ayam, telur, bahkan singkong yang dipotong dadu akan sangat lezat bila diolah bersama bumbu rendang.

Yang kamu harus tahu adalah bumbu halusnya yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, jahe, laos, cabe merah, daun kunyit dan daun jeruk. Tak ketinggalan penambahan santan. Semua itu memang harus selalu ada dalam rendang Minang.

Modifikasinya juga cukup beragam. Ada yang menambahkan  kari, menambahkan  kapulaga, kunyit juga kemiri. Kunyit tentu akan membuat tampilan warna kuning yang khas. Sementara kemiri akan menambah gumpalan bumbu menjadi lebih spicy.

Sementara itu, ada beberapa tips khusus yang akan membuat hasil akhir kuliner ini akan menjadi lezat. Semuanya memerlukan kesabaran dan kecermatan.   

Pertama, merebus bumbu jadi satu. Hampir semua proses memasak dimulai dengan menumis bumbu hingga harum. Tapi lain halnya dengan rendang ini. Semua bumbu halus, rempah-rempah, dan santan akan sekaligus direbus bersama dalam panci. Seluruh campuran ini harus dimasak sampai kental sambil diaduk. Proses ini membuat bumbu dan santan menyatu hingga menciptakan rasa dan aroma yang sulit ditandingi oleh masakan lainnya. Daging atau bahan utama lainnya dimasukkan pada tahap berikutnya.

Kedua, perbandingan kelapa setidaknya 1:3. Untuk bahan 1 kilogram daging menggunakan santan kental dari 3 butir kelapa. Tidaklah paten namun perbandingan ini dianggap paling pas menghasilkan rendang yang luar biasa lezat. Walau dipercaya juga bahwa semakin banyak santan maka semakin enak. Tentunya tak ada istilah santan instan siap pakai dalam daftar bahan masak rendang otentik ini.

Ketiga, tak perlu memakai gula. Rendang yang asli tidak menggunakan gula dalam daftar bumbu. Kalau ada rendang yang berasa manis alias ada campuran gulanya, maka dapat dipastikan itu hasil modifikasi alias dipengaruhi oleh kultur dari daerah lain.    

Dan keempat, waktu memasak adalah kunci. Rahasia kelezatan rendang kuncinya pada waktu memasak yang lama. Rendang yang betul-betul kering memerlukan waktu memasak antara 5-6 jam. Ada istilah lain yang digunakan untuk masakan sejenis rendang dengan lama waktu memasak yang lebih pendek. Namanya Kalio Daging.