YouTuber, Popularitas, dan Penghasilan yang Memadai

LAKEYBANGET.com - Tak terbayangkan sebelumnya bahwa dunia maya akan menghasilkan para YouTuber handal yang mampu menarik jutaan subscriber dan viewer. Pengaruhnya yang kuat menjadi jalan profesi bagi mereka. Popularitas dan uang pun menghampiri. 

Apa sih yang dilihat netizen di YouTube? Banyak hal sederhana yang ternyata menjadi konten menarik. Sebagian kita mungkin berfikir terlalu rumit kala memikirkan konten apa yang akan kita angkat saat memulai menjadi YouTuber. Ternyata banyak dari mereka yang sukses memulai dan bahkan menjadikan ciri khusus kontennya dengan topik yang 'tak terduga'. 

Sebut saja Ria Ricis. Cewek imut berhijab ini terkenal karena bahasan tentang boneka lunak yang disebut squishy. Dengan format unboxing, Ricis memperkenalkan segudang koleksi baru miliknya. 

Disamping bentuknya yang beragam, mainan itu juga ternyata memiliki aroma yang beragam pula. Seakan gak ada habisnya untuk dibahas. Konon benda ini bisa menghilangkan stress.  Dan banyak netizen yang ingin melepas tekanan psikologis dengan hal sederhana. Lewat mainan. Termasuk squishy juga slime. 

Ricis memang memiliki penampilan yang menyenangkan. Kemampuan komunikasinya juga anak muda banget. Hal yang mungkin tak mengherankan mengingat Oki Setiana Dewi, kakak kandungnya, juga memiliki  kemampuan yang sama. Agaknya keluarga ini memang menjadi habitat yang baik dalam mengartikulasikan gagasan. 

Konten Kanal Ricis berkembang seiring popularitasnya. Dengan subscriber terakhir yang tembus 8 juta, Ricis semakin mantap menancapkan pengaruhnya di YouTube. Hingga ia berkesempatan bikin vlog bersama orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo.  

Dari yang cakep hingga yang pede abis bisa menjadi YouTuber kampiun. Kalau yang cakep apalagi cewek mungkin gak perlu terlalu dalam dibahas ya. Yang menarik adalah mereka yang tergolong biasa saja dari sisi penampilan namun memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menyampaikan pesannya. 

Sebut saja Kekey misalnya. YouTuber paling hits di 2018. Kekey sangat pede dalam memberikan tips tentang kecantikan, make up, dan fashion. Entah apa yang ada di benak viewer dan subscriber kanal yang dikelola Kekey ini. Mungkin alasannya beragam. Namun cita-cita Kekey yang ingin jadi komedian sedikit banyak telah kesampaian.  

Kekey juga menunjukkan bahwa YouTuber tak harus menggunakan piranti perekam video yang mahal. Dari yang alatnya lengkap hingga yang hanya modal hape dan senter bisa mengantar seseorang untuk sukses mendeliver pesan di situs berbagi video ini. Kekey hanya mengandalkan ponsel pintar merekam dan 'torch' atau senter sebagai piranti lighting-nya.  

Lakeybanget ingin mendorong kamu untuk mau mencoba menggunakan YouTube sebagai penyampai pesanmu. Soal popularitas dan uang anggap saja efek dan nasib. Yang penting kamu mau memikirkan dan mulai membuat konten positip. Jadilah kamu lebih produktif dengan gawai di genggamanmu. Tak hanya habis waktu dengan hal-hal yang gak penting. 

Buat kamu yang hobi nyanyi bisa menyampaikan pesanmu dalam bentuk video musik. Bisa dengan vlog atau video pendek untuk yang hobi filmmaking dan jurnalistik. Kreatifitas kamu akan berkembang dengan banyak membaca dan memperkaya referensimu tentang konten YouTube.  

Memulai dengan hati itu penting. Dan mewujudkannya tak kalah pentingnya. Selamat mencoba dan sampaikan pesanmu pada dunia.