Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Kerap Motor Mati Mendadak Saat Dikendarai, 7 Hal Ini Jadi Penyebabnya

LAKEYBANGET.COM – Banyak sekali permasalahan yang kerap terjadi pada sepeda motor, salah satunya adalah mati mendadak saat dikendarai. Kondisi seperti itu bisa dialami oleh beberapa pengguna sepeda motor.

Lantas, apa sebenarnya penyebab motor mati mendadak?

Motor mati mendadak bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kehabisan bahan bakar dan lainnya. Namun, untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini ada beberapa penyebab mengapa motor bisa mati mendadak.

Ada beberapa penyebab umum mengapa motor bisa mati mendadak. Inilah beberapa di antaranya:

1. Masalah Bahan Bakar

Salah satu penyebab yang paling umum adalah kehabisan bahan bakar. Jika tangki bahan bakar kosong, motor tidak akan bisa berjalan.

Selain itu, masalah dengan sistem penyuplai bahan bakar seperti filter bahan bakar yang tersumbat atau pompa bahan bakar rusak juga dapat menyebabkan motor mati.

2. Sistem Pengapian yang Buruk

Sistem pengapian yang buruk dapat menyebabkan motor mati secara mendadak. Komponen seperti busi yang rusak, kabel pengapian longgar atau rusak, atau koil pengapian bermasalah dapat mengganggu pembakaran dalam silinder mesin.

Advertisement. Scroll to continue reading.

3. Masalah Pada Sistem Kelistrikan

Ada beberapa masalah kelistrikan yang dapat menyebabkan motor mati. Misalnya, aki lemah atau habis daya, kabel-kabel yang putus atau terlepas.

Bisa juga masalah dengan stator atau regulator/rectifier yang dapat mengganggu aliran listrik. Sebab, fungsi itu diperlukan untuk menjalankan motor.

4. Overheating (kepanasan)

Jika mesin motor terlalu panas, dapat terjadi pemadaman mendadak. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya pendingin atau sistem pendingin yang rusak, seperti kipas radiator tidak berfungsi dengan baik atau termostat bermasalah.

5. Masalah Pada Sistem Pembuangan

Jika saluran pembuangan terhalang atau knalpot tersumbat, dapat mengganggu aliran gas buang dan menyebabkan motor mati.

6. Kerusakan Mekanis

Ada beberapa masalah mekanis yang bisa menyebabkan motor mati, seperti masalah pada sistem kopling, transmisi, atau rantai yang putus.

Advertisement. Scroll to continue reading.

7. Sensor-sensor yang Rusak

Motor modern dilengkapi dengan berbagai sensor untuk memantau berbagai komponen dan kinerja mesin. Jika salah satu sensor rusak, misalnya sensor posisi engkol atau sensor suhu, motor bisa mati secara tiba-tiba.

Jika motor Anda mati mendadak, penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menemukan penyebabnya.

Namun, apabila Anda tidak terampil dalam perbaikan motor, sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang berpengalaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...