Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Terserang Akibat Polusi Udara, Sejumlah Buah Ini Bisa Redakan Batuk Pilek

Ilustrasi/Net.

Terserang Akibat Polusi Udara, Sejumlah Buah Ini Bisa Redakan Batuk Pilek
Polusi dan kualitas udara yang buruk menyebabkan orang lebih mudah terserang batuk dan pilek. Sejumlah jenis buah berikut ini cocok dikonsumsi untuk meredakan batuk pilek.

Saat batuk dan pilek apalagi disertai demam, orang biasanya akan kehilangan selera makan. Meski tak nafsu makan, kita harus tetap mengonsumsi makanan yang bergizi untuk membuat tubuh segera pulih dari flu.

Sejumlah makanan, termasuk buah dipercaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh merasa lebih baik saat batuk dan pilek.

Melansir Health, meski menurut Johns Hopkins Medicine Health Library belum ada makanan tertentu yang bisa langsung meredakan batuk dan pilek, namun sejumlah makanan tertentu memiliki kualitas untuk menambah kekebalan tubuh saat flu.

Berikut ini sejumlah buah yang cocok dikonsumsi untuk meredakan batuk dan pilek, dilansir berbagai sumber.

  1. Buah ceri

Dalam studi pada 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan sifat antioksidan tinggi dalam ceri yang memiliki rasa asam dan manis disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi.

Dan menurut National Library of Medicine, meskipun makanan yang mengandung vitamin C tidak mencegah Anda terkena batuk pilek, makanan tersebut dapat membantu meringankan gejala Anda jika Anda sakit.

  1. Anggur

Mengutip The Daily Meal, kulit dan biji buah anggur mengandung resveratrol yang dipercaya dapat mengatasi peradangan pada tubuh.

Anggur juga mengandung vitamin A dan C dalam jumlah tinggi, keduanya sering dikaitkan dengan melawan efek samping batuk pilek yang tidak menyenangkan.

  1. Jeruk

Konsumsi satu buah jeruk dalam sehari, termasuk saat batuk pilek dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Meski tak serta-merta dapat mencegah serangan flu, FDA merekomendasikan konsumsi vitamin C setiap hari untuk mempersingkat durasi batuk pilek. Takaran yang direkomendasikan yaitu 90 miligram untuk rata-rata pria, 75 miligram untuk rata-rata perempuan.

  1. Nanas

Mengutip Healthline, jus nanas mengandung campuran enzim yang disebut bromelain yang dapat membantu meringankan masalah pernapasan yang terkait dengan alergi dan asma. Nanas juga dianggap memiliki sifat mukolitik yang bisa membantu memecah dan mengeluarkan lendir.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dalam nanas juga bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Nanas juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Meski demikian, bagi Anda yang memiliki alergi nanas tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

  1. Delima

Jus delima murni adalah minuman lain yang cocok dikonsumsi saat batuk pilek karena sifat antimikroba dan antiinflamasinya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2017 di jurnal Nutrients, polifenol adalah antioksidan yang ditemukan dalam jus delima yang bisa memerangi virus dan meminimalkan gejala flu seperti batuk dan pilek.

  1. Jambu biji

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji sangat bagus untuk meredakan sakit batuk dan flu. Vitamin C bersifat antioksidan serta antibakteri dapat membantu memecah lendir serta membunuh kuman yang menginfeksi sistem pernapasan penderitanya.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jeruk nipis dapat menjadi obat alami untuk meredakan sakit batuk.

Saat mengonsumsinya, biasanya jeruk nipis akan dicampur dengan madu untuk menghilangkan sedikit rasa asamnya.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...