Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Menjaga Kesehatan Tulang Saat Tambah Usia, Lakukan 7 Olahraga Ini

Ilustrasi/Net.

Ketika menginjak usia muda, kemampuan regenerasi tulang masih tergolong cepat, sehingga tulang masih padat dan kuat. Akan tetapi, seiring pertambahan usia, tulang lama tidak segera tergantikan dan tidak lagi tumbuh.

Akibatnya lambat laun kesehatan tulang akan menurun. Hal ini terlihat dari tulang yang lebih rapuh, melemah, keropos dan rentan untuk retak.

Maka dari itu, Kesehatan Tulang perlu dijaga karena kepadatannya kian menurun pasca usia 20an.

Berikut rekomendasi tujuh jenis olahraga yang mampu menjaga kesehatan tulang yang dikutip dari Halodoc, dr. Fadhli Rizal Makarim.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga yang tak hanya menyehatkan tetapi juga menyenangkan.

Selain, bisa jalan-jalan menikmati lingkungan, bersepeda bisa memperkuat otot-otot kaki.

Penggunaan otot-otot kaki saat mengayuh sepeda dapat meningkatkan kekuatan tulang paha depan dan belakang serta memperkuat sendi-sendi lutut.

  1. Jogging

Jogging dapat dilakukan tanpa mengenal tempat dan tidak mengeluarkan ongkos sepeser pun.

Jogging termasuk tren kebugaran yang tidak akan tergerus zaman. Jogging mampu menurunkan resiko patah tulang pinggul sebesar 41% jika dilakukan minimal empat jam per minggu.

*Catatan: kecepatan dan intensitas jogging wajib disesuaikan dengan tingkat kebugaran.

  1. Golf

Olahraga golf banyak menambah pekerjaan tubuh bagian atas. Misalnya, pemain golf biasanya akan memanggul tas golf serta mengayunkan stik golf.

Selain itu, pemain juga mengejar bola golf ke area titik berhenti bola yang membuat pinggul dan tulang belakang bekerja.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  1. Menari

Siapa sangka menari termasuk olahraga yang menyehatkan tulang.

Sejumlah tarian yang menggunakan pinggul membuat jantung memompa lebih keras dan membangun tulang agar semakin kuat. Contohnya adalah menari salsa, samba, zumba, dan tango

Tapi, manfaat menari ini dapat dirasakan jika rutin dilakukan.

Selain itu, gerakan dan langkah yang bervariasi dalam olahraga aerobik dan kickboxing berfungsi melatih kekuatan otot serta tulang.

  1. Hiking

Hiking merupakan kegiatan menyusuri jalan tertentu dengan berjalan kaki.

Hiking yang menanjak atau menurun mampu meningkatkan kepadatan tulang, terutama di bagian pinggul.

Bagi sebagian orang, hiking bisa menjadi sarana refreshing. Hiking dipercaya dapat melepaskan stres karena bisa melihat pemandangan indah dan bertemu orang-orang baru.

  1. Olahraga dengan Raket

Olahraga raket yang bermanfaat bagi kesehatan tulang tidak hanya tenis. Jenis olahraga raket yang dimaksud yakni squash dan tenis dayung.

Gerakan mengayunkan raket mampu menekan lengan, pergelangan tangan, dan bahu sehingga meningkatkan kepadatan tulang.

Berlari mengejar bola dalam olahraga raket juga dapat melatih pinggul dan tulang belakang.

  1. Latihan Kekuatan

Olahraga yang bertujuan melatih kekuatan misalnya mengangkat beban. Alat yang digunakan dalam angkat beban contohnya alat berat yang tersedia di gym.

Selain gym, senam termasuk bentuk latihan kekuatan jenis resistensi. Menahan beban alat maupun berat badan sendiri, secara otomatis akan menekan serangkaian otot dan tulang.

Latihan kekuatan dapat dilakukan setidaknya seminggu dua kali agar fungsi merangsang pertumbuhan tulang dapat lebih optimal.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...