Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Agar Anak Jadi Penurut Ke Orang Tua, Begini Cara Mendidiknya

Ilustrasi/Net.

Tentunya, setiap orang tua ingin memiliki anak yang penurut, baik, sopan, pintar dan disiplin. Hampir semuanya pasti mendambakan sosok buah hati yang seperti itu.

Kendati demikian, sebenarnya untuk memiliki anak yang penurut tidak lepas dari peran orang tua. Yah, disini peran orang tua sangat vital dalam membentuk anak yang penurut dan tidak membantah perintah.

Perlu usaha dan kerja keras yang tidak mudah, orang tua wajib mendidik anak supaya menjadi sosok penurut. Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran jika para orang tua menginginkan anaknya menjadi pribadi yang patuh akan perintah.

Berikut adalah beberapa cara mendidik anak agar menjadi penurut kepada orang tua:

  1. Menjadi Contoh yang Baik

Menjadi contoh yang baik adalah salah satu cara paling efektif dalam mendidik anak agar menjadi penurut kepada orang tua. Ketika orang tua memberikan contoh perilaku yang baik dan positif, anak-anak cenderung menirunya dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut.

Perlihatkan kepada anak-anak Anda bagaimana berperilaku dengan sopan dan hormat terhadap orang lain, termasuk dalam berbicara, berinteraksi, dan berpakaian. Anjurkan gaya hidup sehat dengan olahraga dan nutrisi yang baik. Ini akan mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan.

  1. Jalin Komunikasi Terbuka

Berbicaralah dengan anak-anak Anda secara terbuka dan jujur. Dengarlah pendapat mereka, tanggapi pertanyaan mereka dengan baik, dan beri penjelasan yang memadai mengenai keputusan atau aturan yang Anda buat.

  1. Konsistensi dengan Aturan

Konsistensi dalam penerapan aturan dan aturan adalah salah satu kunci penting dalam mendidik anak agar menjadi penurut kepada orang tua. Ketika anak-anak melihat bahwa orang tua mereka konsisten dalam mengkomunikasikan dan menerapkan aturan, mereka akan lebih cenderung mematuhi dan menghormati otoritas orang tua.

  1. Terapkan Rutinitas

Rutinitas memberikan struktur dan konsistensi dalam kehidupan anak-anak, sehingga mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka pada berbagai waktu. Ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan mereka dan membangun ketaatan terhadap aturan dan perintah.

Sebab, rutinitas dapat membantu anak-anak mengembangkan disiplin. Mereka belajar untuk melakukan tugas-tugas mereka pada waktunya, seperti mengerjakan pekerjaan rumah atau menyelesaikan tugas sekolah.

  1. Beri Dorongan dan Pujian

Memberikan dorongan dan pujian adalah cara yang sangat efektif dalam mendidik anak agar menjadi penurut kepada orang tua. Dorongan positif dan pujian dapat memberikan motivasi kepada anak-anak untuk berperilaku baik dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh orang tua.

Berikan pujian yang spesifik untuk perilaku yang diinginkan. Alih-alih hanya mengatakan “Bagus sekali,” katakan sesuatu seperti, “Bagus sekali kamu sudah membersihkan kamarmu dengan baik.”

Gunakan kata-kata dorongan yang positif untuk memotivasi anak-anak. Misalnya, katakan, “Kamu pasti bisa melakukannya!” atau “Ayo, coba lagi!”

  1. Jangan Bersikap Kasar

Menjauhi perilaku kasar adalah cara yang sangat penting dalam mendidik anak agar menjadi penurut kepada orang tua. Bersikap kasar, seperti memarahi atau menggunakan kekerasan fisik atau emosional, tidak hanya tidak efektif dalam mendidik anak, tetapi juga dapat merugikan perkembangan mereka secara emosional dan psikologis.

  1. Libatkan Anak Dalam Pengambilan Keputusan

Melibatkan anak dalam pengambilan keputusan merupakan cara selanjutnya yang baik untuk mendidik anak agar menjadi penurut kepada orang tua. Ini membantu anak merasa dihargai, memberikan mereka rasa tanggung jawab, dan memungkinkan mereka untuk memahami konsekuensi dari keputusan mereka sendiri.

Namun, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa dalam beberapa kasus, tidak semua keputusan dapat diambil bersama anak, terutama yang berkaitan dengan keselamatan dan kesejahteraan mereka.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...